PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWAPADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIALKELAS V SD NEGERI BARA-BARAYA II KECAMATAN MAKASSAR KOTA MAKASSAR

NUR AULYAH (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWAPADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIALKELAS V SD NEGERI BARA-BARAYA II KECAMATAN MAKASSAR KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. Halaman Sampul.docx

Download (48kB)
[img] Text
2. Halaman Judul.docx

Download (49kB)
[img] Text
3. Halaman Persetujuan Pembimbing.docx

Download (831kB)
[img] Text
5. Moto.docx

Download (17kB)
[img] Text
4. Pernyataan Keaslian Skripsi.docx

Download (18kB)
[img] Text
6. Abstrak.docx

Download (21kB)
[img] Text
7. Prakata.docx

Download (21kB)
[img] Text
8. Daftar Isi, Tabel, Gambar, Lampiran.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (33kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (76kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (41kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)
[img] Text
Lampiran 17 - Analisis Deskriptif Pretest Posttest.docx

Download (30kB)
[img] Text
Lampiran 18 - Analisis Inferensial Pretest Posttest.docx

Download (31kB)
[img] Text
Lampiran 19 - Dokumentasi.docx

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran 25 - Riwayat Hidup.docx

Download (28kB)

Abstract

Nur Aulyah. 2018. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V SD Negeri Bara-Baraya II Kecamatan Makassar Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Nurhaedah, M.Si., dan Hamzah Pagarra, S.Kom., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini didasari oleh situasi pembelajaran yang masih belum optimal yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V SD Negeri Bara-Baraya II Kecamatan Makassar Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe the power of two terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V SD Negeri Bara-Baraya II Kecamatan Makassar Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen disain quasi experimental design bentuk nonequivalent control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe the power of two sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa. Populasi adalah 40 siswa. Sampel penelitian dipilih secara purposive dengan memilih kelas VA sebagai kelompok kontrol dan kelas VB sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji normalitas,uji homogenitas dan uji hipotesis dengan aplikasi Statistical Pachage For Sosial Science (SPSS) versi 20.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara pretest dan posttest dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe the power of two. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe the power of two berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V SD Negeri Bara-Baraya II Kecamatan Makassar Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Jun 2023 01:39
Last Modified: 15 Jun 2023 01:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30036

Actions (login required)

View Item View Item