HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD KOMPLEKS LARIANGBANGI KECAMATAN MAKASSAR KOTA MAKASSAR

Mutmainnah Nasaruddin (2023) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD KOMPLEKS LARIANGBANGI KECAMATAN MAKASSAR KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL depan.docx

Download (79kB)
[img] Text
Surat Persetujuan Pembimbing.docx

Download (268kB)
[img] Text
MOTO.docx

Download (19kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (16kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB I, BAB II, BAB III.docx

Download (117kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)
[img] Text
LAMPIRAN 1-4.docx

Download (33kB)
[img] Text
LAMPIRAN 5.docx

Download (57kB)
[img] Text
LAMPIRAN 6-17.docx

Download (27MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (45kB)

Abstract

Mutmainnah Nasaruddin, 2018. Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Kompleks Lariangbangi Kecamatan Makassar Kota Makassar. Skripsi dibimbing oleh Hamzah Pagarra, S.Kom., M.Pd. dan Khaerunnisa, S.Pdi., M.A. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa kurang memiliki motivasi belajar untuk mengetahui pembelajaran IPA sehingga berdampak negatif pada hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah gambaran motivasi belajar siswa SD Kompleks Lariangbangi, bagaimanakah gambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA SD Kompleks Lariangbangi, dan apakah ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA SD Kompleks Lariangbangi Kecamatan Makassar Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran motivasi belajar SD Kompleks Lariangbangi, untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA SD Kompleks Lariangbangi, dan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA SD Kompleks Lariangbangi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Kompleks Lariangbangi Kecamatan Makassar Kota Makassar yang berjumlah 86 dengan jumlah sampel 71 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas data dan uji linearitas. Uji hipotesis menggunakan uji Pearson Correlation Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa angket motivasi belajar berada pada kategori sedang dan hasil belajar siswa pada mata pelajara IPA berada pada kategori sedang. Pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa ada hubungan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SD Kompleks Lariangbangi dan berada dalam kategori kuat. Simpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dan tergolong kuat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jun 2023 07:05
Last Modified: 14 Jun 2023 07:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29992

Actions (login required)

View Item View Item