HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN BELAJAR DENGAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SD INPRES BTN IKIP II KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

TITINURWAHDANIAH (2023) HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN BELAJAR DENGAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SD INPRES BTN IKIP II KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL depan.docx

Download (62kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI hal v.docx

Download (14kB)
[img] Text
PRAKATA hal viii.docx

Download (14kB)
[img] Text
MOTO hal vi.docx

Download (13kB)
[img] Text
abstrak yg sudah diperbaiki hal vii.docx

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR ISI dkk.docx

Download (22kB)
[img] Text
lam hal 79.docx

Download (15kB)
[img] Text
lam hal 80.docx

Download (15kB)
[img] Text
lam hal 81.docx

Download (15kB)
[img] Text
lam hal 83.docx

Download (16kB)
[img] Text
lam hal 84.docx

Download (16kB)
[img] Text
lam hal 85.docx

Download (678kB)
[img] Text
lam hal 86.docx

Download (531kB)
[img] Text
lam hal 87.docx

Download (417kB)

Abstract

Penelitian ini menelaah hubungan Kebiasaan Belajar dengan Minat Belajar Siswa pada mata pelajaran Metematika SD Inpres BTN IKIP II Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Masalah dalam penelitian adalah: (1) Bagaimanakah gambaran kebiasaan belajar siswa SD Inpres BTN IKIP II?, (2) Bagaimanakah gambaran minat belajar matematika siswa SD Inpres BTN IKIP II?, dan (3) Apakah ada hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran Matematika SD Inpres BTN IKIP II Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui gambaran kebiasaan belajar siswa SD Inpres BTN IKIP II, (2) Untuk mengetahui gambaran minat belajar matematika siswa SD Inpres BTN IKIP II, dan (3) Untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran Matematika SD Inpres BTN IKIP II. Penelitian ini merupakan ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa SD Inpres BTN IKIP II Kecamatan rappocini Kota Makassar yang berjumlah 177 dengan jumlah sampel 78 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket, dan dokumentasi yang dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas data. Uji hipotesis meliputi uji korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kebiasaan belajar dalam proses pembelajaran pada siswa SD Inpres BTN IKIP II Kecamatan Rappocini Kota Makassar dengan nilai cronbach Alpha sebesar 0,739 dikatakan reliabel; (2) Minat belajar pada siswa SD Inpres BTN IKIP II Kecamatan Rappocini Kota makassar dengan nilai cronbach Alpha sebesar 0,625 dan dikatakan reliabel (3) Ada hubungan kebiasaan belajar siswa dan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SD Inpres BTN IKIP II termasuk dalam kategori kuat, dengan nilai rhitung >rtabel (0,602>0,220) pada taraf signifikansi 5 %, korelasi dalam penelitian ini tergolong kuat. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dengan minat belajar matematika tergolong kuat

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jun 2023 06:50
Last Modified: 14 Jun 2023 06:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29990

Actions (login required)

View Item View Item