PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STRUCTURED NUMBERED HEADS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD NEGERI MANJALLING KECAMATAN BAJENG BARAT KABUPATEN GOWA

SITTI RADIATUL ADAWIYAH (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STRUCTURED NUMBERED HEADS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD NEGERI MANJALLING KECAMATAN BAJENG BARAT KABUPATEN GOWA.

[img] Text
Sampul, persetujuan pembimbing,pengesahan dll.docx

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (56kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (67kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (16kB)
[img] Text
BATAS LAMPIRAN-LAMPIRAN.docx

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR NILAI TES EVALUASI SIKLUS I.docx

Download (24kB)
[img] Text
DOKUMENTASI PENELITIAN.docx

Download (764kB)
[img] Text
DAFTAR NILAI TES EVALUASI SIKLUS II.docx

Download (23kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDU1.docx

Download (707kB)

Abstract

SITTI RADIATUL ADAWIYAH. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Structured Numbered Heads Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SD Negeri Manjalling Kecamatan Bajeng Barat Kabupaten Gowa. Dibimbing oleh Dr.Suarlin, S.Pd,. M.Si dan Dra. Tatiana Mediana, M.Si pada program studi Pendidikan Guru Sekolah dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn Siswa kelas V. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah Penerapan Model pembelajaran kooperatif tipe Structured Numbered Heads dalam meningkatkan hasil belajar Pkn Siswa kelas V SD Negeri Manjalling Kecamatan Bajeng Barat Kabupaten Gowa?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui penerapan Model pembelajaran kooperatif tipe Stuctured Numbered Heads pada siswa Kelas V SD Negeri manjalling Kecamatan Bajeng Barat Kabupaten Gowa. Pendekatan penelitian adalah kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan dengan prosedur kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek satu orang guru dan 21 siswa yang terdiri dari 14 perempuan dan 7 laki-laki. Fokus penelitian ini adalah penerapan model kooperatif tipe Stuctured Numbered Heads dan hasil belajar PKn. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang di gunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran PKn, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar mata pelajaran PKn pada siswa kelas V . Hasil observasi guru pada siklus I berada pada kategori baik, dan pada siklus II meningkat menjadi kategori Sangat Baik, dan hasil observasi siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya hasil belajar PKn siswa. Peningkatan itu dapat dilihat dari skor hasil belajar siswa setiap siklus, yaitu pada siklus I berada pada kategori kurang, sedangkan pada siklus II berada pada kategori sangat baik. peningkatan itu dapat dilihat dari siklus 1 hasil belajar Pkn pada siswa kelas V berada pada kategori cukup dan pada siklus II hasil belajar siswa telah mencapai KKM yang telah di tentukan dan berada pada kategori sangat baik, dan juga terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah hasil belajar PKn melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Stuctured Numbered Heads dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri Manjalling kecamatan Bajeng Barat Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jun 2023 01:29
Last Modified: 14 Jun 2023 01:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29893

Actions (login required)

View Item View Item