PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN MINASA UPA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

NADIRA (2023) PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN MINASA UPA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (63kB)
[img] Text
bab I,II,III,IV,V.docx

Download (181kB)
[img] Text
LEMBAR OBSERVASI GURU I.docx

Download (68kB)
[img] Text
LEMBAR OBSERVASI GURU II.docx

Download (66kB)
[img] Text
DOKUMENTASI PENELITIAN.docx

Download (3MB)
[img] Text
NILAI TES SIKLUS I-II.docx

Download (34kB)
[img] Text
REKAPITULASI NILAI.docx

Download (19kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (53kB)

Abstract

Nadira, 2018, Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs,Latri,S.Pd.,M.Pd dan khaerunnisa,S.Pd.I,M,a Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah belum optimalnya pendekatan pembelajaran yang digunakan guru sehingga hasil belajar IPA siswa rendah. Adapun rumusan masalah pada penelitian adalah bagaimanakah penerapan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makassar?.Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan penerapan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa Kelas V SDN Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini adalah penerapan pendekatan keterampialn proses dan hasil belajar IPA. Subjek penelitian adalah seorang guru dan siswa kelas V SDN Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makassar Tahun Ajaran 2017/2018, dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang, yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 18 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan keterampilan proses meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran yang menyebabkan terjadinya peningkatan hasil belajar. Peningkatan itu dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada setiap siklus, yaitu pada siklus I berada pada kategori cukup, sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan pendekatan Keterampilan Proses secara maksimal maka berdampak pada peningkatan hasil belajar IPA V SDN Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Jun 2023 06:42
Last Modified: 13 Jun 2023 06:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29862

Actions (login required)

View Item View Item