PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICTION OBSERVATION EXPLANATION) TERHADAP HASIL BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN MAWAS KECAMATAN MAMAJANG KOTA MAKASSAR

FAHRIANI (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICTION OBSERVATION EXPLANATION) TERHADAP HASIL BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN MAWAS KECAMATAN MAMAJANG KOTA MAKASSAR.

[img] Text
A SAMPUL DKK KU.docx

Download (724kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (68kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (41kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (29kB)
[img] Text
lampiran 1-9.docx

Download (9MB)
[img] Text
Lampiran 20.docx

Download (7MB)
[img] Text
Lampiran 13 -lampiran 19.docx

Download (40MB)

Abstract

FAHRIANI, 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran POE (Prediction Observation Explanation) Terhadap Hasil Belajar Murid Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN Mawas Kecamatan Mamajang Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Dra. Hj. Johara Nonci, M.S dan Dr. Erma Suryani Sahabuddin, M.Si Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA kelas V SDN Mawas yang disebabkan oleh keaktifan murid yang kurang dalam proses pembelajaran, selain itu juga disebabkan oleh faktor guru dan murid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran POE (Prediction Observation Explanation) Terhadap Hasil Belajar Murid Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN Mawas Kecamatan mamajang Kota Makassar tahun ajaran 2016/2017. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Model POE (Prediction Observation Explanation) sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPA. Jumlah populasi yaitu 39 Murid. Sampel penelitian dipilih secara purposive dengan memilih kelas VA dan kelas VB dengan jumlah 30 murid dengan sampel yang hadir dalam penelitian yaitu 30. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari pemberian pretest, treatment dan posttest kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji-normalitas dengan menggunakan sistem Statistical Pachage For Sosial Science (SPSS) versi 20.0. Proses pembelajaran dengan POE (Prediction Observation Explanation) dapat dikatakan baik dilihat dari keaktifan dan antusias murid. Pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara penerapan model POE (Prediction Observation Explanation) dengan penerapan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar IPA Murid kelas V SDN Mawas Kecamatan Mamajang Hasil penelitian ini menunjukan adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara penerapan model POE (Prediction Observation Explanation) dengan penerapan model pembelajaran konvensional. Hasil analisis Independent Sample T-Test nilai post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan hasil t hitung 3,980 maka t table 2,022691 yang berarti terdapat pengaruh penerapan model POE (Prediction Observation Explanation) terhadap hasil belajar IPA kelas V SDN Mawas Kecamatan Mamajang Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 09 Jun 2023 01:55
Last Modified: 09 Jun 2023 01:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29640

Actions (login required)

View Item View Item