ULFIAH MUSTAMING (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD INPRES PANNAMPU III KECAMATAN TALLO KOTA MAKASSAR.
Text
sampul.doc Download (47kB) |
|
Text
Motto fix.docx Download (26kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (27kB) |
|
Text
BAB I.doc Download (56kB) |
|
Text
BAB II.doc Download (105kB) |
|
Text
Bab III.doc Download (135kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.doc Download (34kB) |
|
Text
Lampiran 1-22.docx Download (751kB) |
|
Text
Lampiran 23.docx Download (17kB) |
|
Text
Lampiran 24.docx Download (17kB) |
Abstract
Ulfiah Mustaming. 2018. Penerapan Strategi Pembelajaran Guided Note Taking untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Inpres Pannampu III Kecamatan Tallo Kota Makassar. Skripsi Dibimbing oleh Dr. Latang. M.Pd dan Hamzah Pagarra, S.Kom., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini dilandasi dari apa yang terjadi di lapangan yang menunjukkan bahwa hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SD Inpres Pannampu III Kecamatan Tallo Kota Makassar masih tergolong rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana penerapan strategi pembelajaran Guided Note Taking dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Inpres Pannampu III Kecamatan Tallo Kota Makassar?. Tujuan penelitian untuk (1) Mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran guided note taking untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Inpres Pannampu III Kecamatan Tsallo Kota Makassar. Pendekatan penelitian yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan II siklus. Setiap siklus dua kali pertemuan dengan tahapan : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian yaitu (1) penerapan strategi pembelajaran guided note taking(2) Hasil belajar IPS. Subjek penelitian yaitu satu guru dan 24 siswa. Teknik pengumpulan data yakni teknik observasi(pengamatan), tes, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif deskriptif dengan tahapan mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas mengajar guru pada siklus I masih menunjukkan kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Demikian pula aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Hal tersebut diikuti dengan peningkatan hasil belajar siswa dari kategori cukup pada siklus I menjadi kategori baik pada siklus II. Dengan demikian penerapan strategi pembelajaran guided note taking merupakan strategi pembelajaran yang memfokuskan pada pemberian catatan siswa yang lebih terarah sehingga dapat meningkatkan hasil belajar yang diperoleh oleh siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SD Inpres pannampu III Kecamatan Tallo Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 09 Jun 2023 01:46 |
Last Modified: | 09 Jun 2023 01:46 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29638 |
Actions (login required)
View Item |