MUHTAHARA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADT TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN GUNUNG SARI II KOTA MAKASSAR.
Text
1.HALAMAN DEPAN.docx Download (54kB) |
|
Text
2 BAB II.docx Download (3MB) |
|
Text
10 NILAI HASILTES BELAJAR SIKLU I.docx Download (21kB) |
|
Text
13 NILAI HASILTES BELAJAR SIKLU II.docx Download (21kB) |
|
Text
15 DATA PERBANDINGAN NILAI TES SIKLUS.docx Download (15kB) |
|
Text
16 RIWAYAT HIDUP.docx Download (32kB) |
Abstract
MUHTAHARA.2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN Gunung Sari II Kota Makassa. Skripsi. Dibimbingoleh Pembimbing I yaitu Dr. Latang. M.Pd dan Pembimbing IIHamzah Pagarra, S. Kom., M.Pd pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPAkarena belum optimalnya pendekatan pembelajaran yang digunakan guru. Adapun rumusan masalah pada peneliti adalah bagaimanakah penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPA Pada Siswa Kelas V SDN Gunung Sari II Kota Makassa. Tujuan penelitian ini adalah bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Hedas Together untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Gunung Sari II Kota Mkakassar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Fokuspenelitian ini difokuskan pada dua aspek yaitu, 1) Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together, 2) Hasil belajar Siswa. Subjek penelitian 1 orang guru dan siswa kelas V SDN Gunung Sari II Kota Makassar, dengan jumlah siswa 25 yang terdiri dari 11 laki-laki 14 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Numbered Hedas Togethermeningkatkan aktivitas guru dan siswa yaitu pada siklus I berada pada kategori cukup sedangkan aktivitas guru dan siswa pada siklus II berada pada kategori baik, sehingga menyebabkan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN Gunung Sari II Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 09 Jun 2023 01:33 |
Last Modified: | 09 Jun 2023 01:33 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29634 |
Actions (login required)
View Item |