Sartikah (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IVSD NEGERI BONTORAMBA KECAMATAN BONTORAMBA KOTA MAKASSAR.
Text
sampul II.docx Download (55kB) |
|
Text
SAMPUL DEPAN.rtf Download (550kB) |
|
Image
Persetujuan pembimbing.jpg Download (2MB) |
|
Image
pengesahan ujian skripsi.jpg Download (2MB) |
|
Text
daftar isi.docx Download (34kB) |
|
Text
bab I.rtf Download (105kB) |
|
Text
bab II.rtf Download (291kB) |
|
Text
bab III.rtf Download (315kB) |
|
Image
penilaian lks 3.jpg Download (2MB) |
Abstract
Sartikah. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri Bontoramba Kecamatan Bontoramba Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing Hikmawati Usman, S.Pd., M.Pd dan Sumarlin Mus, S.Pd,M.Pd Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajara siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan rumusan masalah yaitu 1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC pada pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Bontoramba Kecamatan Bontoramba Kota Makassar? 2) Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC pada pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar siswa siswa kelas IV SDN Bontoramba Kecamatan Bontoramba Kota Makassar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses dan hasil penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC pada siswa kelas IV SDN Bontoramba Kecamatan Bontoramba Kota Makassar. subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 27 orang yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Fokus penelitian ini adalah proses pembelajaran dan hasil belajar. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini direncanakan dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik dan pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Dalam kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC. hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap penelitian siklus I masih berada pada kualifikasi baik C (cukup). Hasil belajar siswa pada siklus II berada pada kualifikasi B (baik). Kesimpulannya denagn menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia dikelas IV SDN Bontoramba Kecamatan Bontoramba Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 05:47 |
Last Modified: | 08 Jun 2023 05:47 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29617 |
Actions (login required)
View Item |