ARIYANI (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA SD NEGERI 93 TIROANGKECAMATAN TIROANG KABUPATEN PINRANG.
Text
SAMPUL DEPAN.docx Download (24kB) |
|
Text
halaman sampul.docx Download (36kB) |
|
Text
Persetujuan pembimbing.docx Download (50kB) |
|
Text
PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx Download (47kB) |
|
Text
ISI SKRIPSI.docx Download (71kB) |
|
Text
GABUNGAN LAMPIRAN.docx Download (340kB) |
|
Text
lampiran7 foto foto.docx Download (3MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (10kB) |
Abstract
ARIYANI, 2016. Pengaruh Penggunaan Media Gambar terhadap Hasil Belajar Siswa pada mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri 93 Tiroang Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang. Skripsi. Dibimbing oleh Dra.Amrah,S.Pd M.Pd dan Dr.Andi Nurochmah,M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini menelaah pengaruh penggunaan media gambar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Adapun rumusan masalah yang dikaji adalah bagaimana Penggunaan Media Gambar pada mata pelajaran IPA SD Negeri 93 Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang. Bagaimana gambaran hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA di SD Negeri 93 Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang.Seberapa besar Pengaruh Penggunaan Media Gambar terhadap hasil belajar IPA pada siswa SD Negeri 93 Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi mengenai pengaruh media gambar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 93 Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang dalam proses pembelajaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah the non equivalent control group design, jenis desain penelitian yaitu quasi experimental designs. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 93 Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV B SD Negeri 93 Tiroang Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan t-test dengan jenis independent sample t-test. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V yang terdiri dari kelas eksperimen atau kelas yang diberikan perlakuan berupa penggunaan media gambar lebih tinggi jika dibandingkan dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada kelas kontrol atau kelas yang tidak diberi perlakuan berupa penggunaan media gambar.Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan media gambar memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 93 Tiroang Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 03:57 |
Last Modified: | 08 Jun 2023 03:57 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29613 |
Actions (login required)
View Item |