PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA SD NEGERI 93 TIROANGKECAMATAN TIROANG KABUPATEN PINRANG

ARIYANI (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA SD NEGERI 93 TIROANGKECAMATAN TIROANG KABUPATEN PINRANG.

[img] Text
SAMPUL DEPAN.docx

Download (24kB)
[img] Text
halaman sampul.docx

Download (36kB)
[img] Text
Persetujuan pembimbing.docx

Download (50kB)
[img] Text
PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx

Download (47kB)
[img] Text
ISI SKRIPSI.docx

Download (71kB)
[img] Text
GABUNGAN LAMPIRAN.docx

Download (340kB)
[img] Text
lampiran7 foto foto.docx

Download (3MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (10kB)

Abstract

ARIYANI, 2016. Pengaruh Penggunaan Media Gambar terhadap Hasil Belajar Siswa pada mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri 93 Tiroang Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang. Skripsi. Dibimbing oleh Dra.Amrah,S.Pd M.Pd dan Dr.Andi Nurochmah,M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini menelaah pengaruh penggunaan media gambar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Adapun rumusan masalah yang dikaji adalah bagaimana Penggunaan Media Gambar pada mata pelajaran IPA SD Negeri 93 Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang. Bagaimana gambaran hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA di SD Negeri 93 Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang.Seberapa besar Pengaruh Penggunaan Media Gambar terhadap hasil belajar IPA pada siswa SD Negeri 93 Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi mengenai pengaruh media gambar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 93 Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang dalam proses pembelajaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah the non equivalent control group design, jenis desain penelitian yaitu quasi experimental designs. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 93 Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV B SD Negeri 93 Tiroang Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan t-test dengan jenis independent sample t-test. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V yang terdiri dari kelas eksperimen atau kelas yang diberikan perlakuan berupa penggunaan media gambar lebih tinggi jika dibandingkan dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada kelas kontrol atau kelas yang tidak diberi perlakuan berupa penggunaan media gambar.Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan media gambar memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 93 Tiroang Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 08 Jun 2023 03:57
Last Modified: 08 Jun 2023 03:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29613

Actions (login required)

View Item View Item