PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKASISWA KELAS IV SD INPRES SONGKOLO KECAMATAN BONTOMARANNU KABUPATEN GOWA

FITRA ARYANI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKASISWA KELAS IV SD INPRES SONGKOLO KECAMATAN BONTOMARANNU KABUPATEN GOWA.

[img] Text
SAMPUL SKRIPSI.docx

Download (55kB)
[img] Text
4. Hal v-xvii.docx

Download (42kB)
[img] Text
bab 1 sampai akhir.rtf

Download (173MB)
[img] Text
8a data hasilblajar siswa sklus 2.docx

Download (47kB)
[img] Text
9 rekapitulsi siklus 1 dan 2.docx

Download (16kB)
[img] Text
HASIL OBSERVASI PELAKSANAAN PENGAJARAN GURU.docx

Download (30kB)
[img] Text
dokumentasi yg benar.docx

Download (4MB)
[img] Text
riwayat hidup.docx

Download (42kB)

Abstract

FITRA ARYANI, 2016, Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Inpres Songkolo Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Suarlin, S.Pd., M.Pd dan Dr. Wahira, S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini adalah pendekatan pembelajaran yang kurang efektif dan bermakna yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV SD Inpres Songkolo Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran problem posing dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Inpres Songkolo Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa ?. Tujuan penelitian yaitu untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas IV SD Inpres Songkolo dengan menggunakan model pembelajaran problem posing. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah Model Pembelajaran Problem Posing dan hasil belajar Matematika Siswa Kelas IV. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 30 orang, terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi, teknik analisis data dengan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV. Pada aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I aktivitas mengajar guru berada pada kategori sedang menjadi kategori baik pada siklus II. Demikian pula aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori sedang menjadi kategori baik pada siklus II. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa. Pada siklus I belum berhasil mencapai kentuntasan klasikal yang ditentukan dan berada pada kategori cukup. Pada siklus II hasil belajar siswa sudah meningkat, hal itu dilihat dari nilai rata-rata kelas yang mengalami peningkatan dan berada pada kategori baik. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan pnerapan model pembelajaran problem posing dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas IV SD Inpres Songkolo Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 08 Jun 2023 03:16
Last Modified: 08 Jun 2023 03:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29608

Actions (login required)

View Item View Item