Syachrul Baddu (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN113 PANA KECAMATAN ALLA KABUPATEN ENREKANG.
Text
SAMPUL 1.docx Download (37kB) |
|
Text
SAMPUL LUAR.docx Download (34kB) |
|
Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx Download (52kB) |
|
Text
BAB 1.docx Download (38kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (48kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (46kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.docx Download (32kB) |
|
Text
data Siklus I dan II rekap.doc Download (198kB) |
|
Text
Dokumentasi Fix.docx Download (2MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP syachrul.doc Download (228kB) |
Abstract
Syachrul Baddu, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example dalam Meningkatan Hasil Belajar IPA Siswa kelas V SDN 113 Pana Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang. Skripsi. Dibimbing oleh Muh. Irfan, S.Pd, M.Pd dan Drs. Luthfi B, M.Kes. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 113 Pana Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Example Non Example dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V SDN 113 Pana Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang? Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Example Non Example dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 113 Pana Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas dengan alur kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian terdiri dari penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Example Non Example dan peningkatan hasil belajar IPA. Setting penelitian bertempat di SDN 113 Pana Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang dengan subjek penelitian terdiri dari 1 orang guru dan 20 siswa. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Example Non Example meningkatkan aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran yang menyebabkan terjadinya peningkatan hasil belajar. Aktivitas mengajar guru pada siklus I berada pada kategori baik dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu berada pada kategori sangat baik dan aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu berada pada kategori baik. sedangkan nilai hasil belajar IPA siswa pada siklus I secara klasikal yakni 60% berada pada kategori belum tuntas, namun mengalami peningkatan pada siklus II secara klasikal yakni 85% dan berada pada kategori tuntas. Sehingga dapat disimpulkan melalui Penerapan Model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 113 Pana Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 02:40 |
Last Modified: | 08 Jun 2023 02:40 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29606 |
Actions (login required)
View Item |