NIRWANA SALEH. (2023) PENGGUNAAN MEDIA AUDIO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD NEGERI 67 DULANG KECAMATAN MALUA KABUPATEN ENREKANG.
Text
SAMPUL DEPAN.docx Download (40kB) |
|
Text
ABSTRAK skripsi.docx Download (30kB) |
|
Text
BAB 1.docx Download (22kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (37kB) |
|
Text
bab III.docx Download (32kB) |
|
Text
LAMPIRAN.docx Download (67kB) |
|
Text
Dok.RiwayatHidup.docx Download (1MB) |
Abstract
NIRWANA SALEH. 2016. Penggunaan Media Audio untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri 67 Dulang Kecamatan Malua Kabupaten Enrekang. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Syamsiah D, S.Pd, M.Pd dan Muhammad Irfan S.Pd, M.Pd; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan menyimak pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV sehingga digunakan media audio sebagai upaya meningkatkan keterampilan menyimak pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan media audio dapat meningkatkan keterampilan menyimak pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV?. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan penggunaan media audio dalam meningkatkan keterampilan menyimak pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini adalah penggunaan media audio dan keterampilan menyimak. Subjek penelitian adalah seorang guru dan siswa kelas IV. Tahun Ajaran 2015/2016, dengan jumlah siswa sebanyak 19 orang, yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat menigkatkan keterampilan menyimak siswa. Meningkatnya keterampilan menyimak dapat dilihat melalui peningkatan persentase aktivitas mengajar guru dan persentase aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran yang berpengaruh pada hasil belajar siswa. Aktivitas mengajar guru dan belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup (C) dengan persentase 70% dan 69,99%, sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik (B) dengan persentase 89,99% dan 86,83%. Peningkatan aktivitas mengajar guru dan belajar siswa tersebut disertai pula dengan peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I dan II. Pada siklus I hasil belajar siswa berada pada kategori cukup (C) dengan persentase 68,42% dan pada siklus II mengalami peningkatan dan berada pada kategori baik (B) dengan persentase 84,21%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan media audio dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 07 Jun 2023 08:13 |
Last Modified: | 07 Jun 2023 08:13 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29581 |
Actions (login required)
View Item |