PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV B SDN 60 MONCONGLOE LAPPARA KECAMATAN MONCONGLOE KABUPATEN MAROS

LILIS HANDAYANI (2023) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV B SDN 60 MONCONGLOE LAPPARA KECAMATAN MONCONGLOE KABUPATEN MAROS.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (17kB)
[img] Text
sampul skripsi.docx

Download (104kB)
[img] Text
persetuan pembimbing.docx

Download (67kB)
[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang penerapan metode Demonstrasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV B SDN 60 Moncongloe Lappara. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV B. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dalam bentuk siklus dengan subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV B sebanyak 25 orang siswa yang terdiri dari 14 orang perempuan dan 11 orang laki-laki pada tahun pelajaran 2015/2016 semester genap dengan mata pelajaran IPA. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data digunakan analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas mengajar guru pada siklus I menunjukkan kategori cukup dan pada siklus II menigkat menjadi kategori baik. Adapun aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dari kategori cukup pada siklus I menjadi kategori sangat baik pada siklus II. Dengan demikian penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV B SDN 60 Moncongloe Lappara Kecamatan Moncongloe Kabupaten Maros.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Jun 2023 07:31
Last Modified: 07 Jun 2023 07:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29579

Actions (login required)

View Item View Item