REZKY AMALIAH (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOTITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA MURID KELAS IV SDN 271PARUNGNGE KABUPATEN BULUKUMBA.
Text
8 Daftar isi, tabel dan Lampiran.docx Download (23kB) |
|
Text
8. hasil observasi siswa siklus 1.rtf Download (17MB) |
|
Text
8 Daftar isi, tabel dan Lampiran.docx Download (23kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (21kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (61kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (28kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (50kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (20kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (16kB) |
|
Text
LAMPIRAN DEPAN MOTTO prakata.docx Download (21kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (41kB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar murid pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN 271 Parungnge Kabupaten Bulukumba. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading And Compotition) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN 271 Parungnge Kabupaten Bulukumba. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading And Compotition) untuk meningkatkan hasil belajar murid pada mata pelajaran Bahasa Indonesis di kelas IV SDN 271 Parungnge Kabupaten Bulukumba. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian yakni penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading And Compotition) dan hasil belajar murid pada mata pelajaran Bahasa Indenesia. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan seluruh murid kelas IV SDN 271 Parungnge Kabupaten Bulukumba dengan jumlah 16 murid. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif deskriptif. Hasil belajar murid pada siklus I berada pada kategori sangat kurang atau ketuntasan klasikal belum mencapai 80% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu berada pada kategori sangat baik atau ketuntasan klasikal sudah tercapai. Terjadinya peningkatan hasil belajar murid tidak terlepas dari peningkatan aktivitas mengajar guru dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading And Compotition) dan peningkatan jumlah murid yang aktif dalam proses pembelajaran. Jadi dapat disimpulkan bahwa, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Readin And Compotition) dapat meningkatkan hasil belajar murid pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN 271 Parungnge Kabupaten Bulukumba.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 07 Jun 2023 07:26 |
Last Modified: | 07 Jun 2023 07:26 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29577 |
Actions (login required)
View Item |