PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SDI 222 BONTOBURUNGENG KECAMATAN BATANG KABUPATEN JENEPONTO

RISKA UTAMI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SDI 222 BONTOBURUNGENG KECAMATAN BATANG KABUPATEN JENEPONTO.

[img] Text
SAMPUL 2.docx

Download (1MB)
[img] Text
SAMPUL DEPAN.docx

Download (15kB)
[img] Text
PROPOSAL BAB 1, 2, 3.docx

Download (65kB)
[img] Text
PROPOSAL BAB 4, 5.docx

Download (64kB)
[img] Text
DOKUMENTASI PEMBELAJARAN.docx

Download (3MB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (107kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (34kB)

Abstract

Studi ini menelaah penerapan model pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDI 222 Bontoburungeng Kecamatan Batang Kabupaten Jeneponto. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDI 222 Bontoburungeng Kecamatan Batang Kabupaten Jeneponto?. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDI 222 Bontoburungeng Kecamatan Batang Kabupaten Jeneponto melalui penerapan model pembelajaran kontekstual. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kontekstual dan hasil belajar matematika. Subjek penelitian adalah seorang guru dan siswa kelas V SDI 222 Bontoburungeng Kecamatan Batang Kabupaten Jeneponto Tahun Ajaran 2015/2016, dengan jumlah siswa sebanyak 23 orang, yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual mampu meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran yang menyebabkan terjadinya peningkatan hasil belajar. Peningkatan itu dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada setiap siklus, yaitu pada siklus I berada pada kategori cukup, sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kontekstual secara maksimal maka berdampak pada peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas V SDI 222 Bontoburungeng Kecamatan Batang Kabupaten Jeneponto.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Jun 2023 05:37
Last Modified: 07 Jun 2023 05:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29568

Actions (login required)

View Item View Item