PENGARUH PENGGUNAAN ICE BREAKING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 14 SAMANGGI KECAMATAN SIMBANG KABUPATEN MAROS

KIKI AYU LESTARI (2023) PENGARUH PENGGUNAAN ICE BREAKING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 14 SAMANGGI KECAMATAN SIMBANG KABUPATEN MAROS.

[img] Text
sampul.docx

Download (35kB)
[img] Text
Bagian Depan Skripsii Kiki.docx

Download (434kB)
[img] Text
BAB I-1.docx

Download (35kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.docx

Download (76kB)
[img] Text
BAB III METODOLOGI.docx

Download (34kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-1.doc

Download (33kB)
[img] Text
Lampiran 3 Kisi Kisi Instrumen.docx

Download (21kB)
[img] Text
Lampiran 9, 10, 11, 12, 13.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (40kB)

Abstract

KIKI AYU LESTARI, 2016, Pengaruh Penggunaan Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 14 Samanggi Kecamatan Simbang Kabupaten Maros. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. ST. Nursiah B, M.Pd dan Nurhaedah, S.Pd., M.Pd; Fakultas Ilmu Pendidikan Program Studi Pendiikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran matematika siswa kelas IV SD Negeri 14 Samanggi Kecamatan Simbang Kabupaten Maros. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan ice breaking terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri 14 Samanggi Kecamatan Simbang Kabupaten Maros? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan ice breaking terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri 14 Samanggi Kecamatan Simbang Kabupaten Maros. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Variabel penelitian terdiri atas dua, yaitu variabel bebas mecakup ice breaking dan variabel terikat mencakup hasil belajar matematika. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 14 Samanggi Kecamatan Simbang Kabupaten Maros dan sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 14 Samanggi Kecamatan Simbang Kabupaten Maros dengan jumlah siswa 48 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan t-test dengan jenis independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan ice breaking terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri 14 Samanggi Kecamatan Simbang Kabupaten Maros. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan ice breaking memberikan pengaruh sinifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 14 Samanggi Kecamatan Simbang Kabupaten Maros.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Jun 2023 03:39
Last Modified: 07 Jun 2023 03:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29565

Actions (login required)

View Item View Item