PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPETEAM GAMES TOURNAMENT(TGT) UNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS VSD NEGERI 1 LEMBANG CINA KECAMATAN BANTAENGKABUPATEN BANTAENG

NURUL ISTIQAMAH H. (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPETEAM GAMES TOURNAMENT(TGT) UNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS VSD NEGERI 1 LEMBANG CINA KECAMATAN BANTAENGKABUPATEN BANTAENG.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (24kB)
[img] Text
sampul kedua.docx

Download (69kB)
[img] Text
PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI .docx

Download (109kB)
[img] Text
BAB I (Qs).docx

Download (25kB)
[img] Text
Bab II (Qs).docx

Download (99kB)
[img] Text
Bab III (Qs).docx

Download (82kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (Qs).docx

Download (19kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (20kB)
[img] Text
RPP spasi 2.docx

Download (5MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (37kB)

Abstract

Nurul Istiqamah H., 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn Kelas V SD Negeri 1 Lembang Cina Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng. Skripsi. Dibimbing Oleh Dra. Hj. Nurhaedah A, M.Si. Dan Ahmad Syawaluddin, S.Kom., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V SD Negeri 1 lembang Cina Kecamatan Bantaeng. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V SD Negeri 1 Lembang Cina Kecamatan Bantaeng?. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V SD Negeri 1 Lembang Cina Kecamatan Bantaeng. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V yang berjumlah 15 orang siswa, 8 laki-laki dan 7 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT meningkatkan aktivitas guru dan siswa, serta meningkatkan hasil belajar siswa. Aktivitas guru pada siklus I berada pada kategori kurang dan pada siklus IImengalami peningkatan berada pada kategori baik. Aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori kurang, dan pada siklus II mengalami peningkatan berada pada kategori baik. Peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I belum memenuhi kriteria ketuntasan minimum, sedangkan siklus II mengalami peningkatan dan memenuhi KKM. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V SD negeri 1 lembang Cina Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Jun 2023 01:46
Last Modified: 07 Jun 2023 01:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29549

Actions (login required)

View Item View Item