PENERAPAN METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD KATOLIK SANTO ALOYSIUS KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

Fidelya Lote (2023) PENERAPAN METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD KATOLIK SANTO ALOYSIUS KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL DEPAN.docx

Download (31kB)
[img] Text
ABSTRAK,MOTTO DLL.docx

Download (33kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (32kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (45kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (43kB)
[img] Text
Data hasil belajar.docx

Download (3MB)
[img] Text
riwayat hidup.docx

Download (45kB)

Abstract

Fidelya Lote’, 2016. Penerapan Metode Inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD Katolik Santo Aloysius Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Amrah, S.Pd., M.Pd dan Dr. Andi Nurochmah, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V SD Katolik Santo Aloysius Makassar. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Penerapan Metode Inquiry untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Katolik Santo Aloysius Kecamatan Rappocini Kota Makassar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode inquiry untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Katolik Santo Aloysius Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersiklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan metode inquiry dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah guru kelas V dan siswa kelas kelas V SD Katolik Santo Aloysius Makassar dengan jumlah siswa 31 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Katolik Santo Aloysius Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I dikategorikan cukup sedangkan pada siklus II dikategorikan baik. Aktivitas belajar siswa pada I dikategorikan cukup sedangkan pada siklus II dikategorikan baik. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari setiap siklus dengan presentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I masuk pada kategori cukup dan belum dikategorikan tuntas secara klasikal karena presentase ketuntasan belum mencapai standar ketuntasan yang telah ditentukan, selanjutnya pada siklus II presentase ketuntasan hasil belajar siswa berada pada kategori sangat baik dan tuntas secara klasikal. Kesimpulan penelitian ini adalah metode inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada siswa kelas V SD Katolik Santo Aloysius Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Jun 2023 06:08
Last Modified: 06 Jun 2023 06:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29530

Actions (login required)

View Item View Item