RISAL (2023) PENGARUH METODE SAS (STRUKTURAL ANALISIS SINTESIS) TEHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS II SDN MAPPALA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.
Text
sampul depan hasil.docx Download (51kB) |
|
Text
sampul ketiga dll.docx Download (31kB) |
|
Text
Isi Skripsi.doc Download (700kB) |
|
Text
LAMPIRAN.docx Download (178kB) |
|
Text
lampiran observasi.docx Download (36kB) |
|
Text
Dokumentasi.docx Download (488kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (34kB) |
Abstract
Risal, 2016. Pengaruh Metode SAS (Struktural Analisis Sintesis) Terhadap Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas II SDN Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Ahmad Syawaluddin, S.Kom., M.Pd dan Drs. Mufa’adi, M.Pd. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu masih rendahnya kemampuan siswa dalam keterampilan membaca permulaan. Adapun rumusan masalahnya adalah apakah terdapat pengaruh metode struktural sintesis analisis (SAS) terhadap peningkatan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas II SDN Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode struktural sintesis analisis (SAS) terhadap peningkatan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas II SDN Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar dalam proses pembelajaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian adalah eksperimen, dengan tahap Pre Test, treatment, dan Post Test. Desain penelitian yang digunakan adalah pre experimental design yang merupakan bentuk desain penelitian one group Pre Test postest design. Adapun populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar dengan jumlah siswa 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji hipotesis (uji-t), dan paired sample t-test. Keterampilan membaca permulaan sesudah pemberian perlakuan menggunakan metode SAS lebih meningkat dibandingkan sebelum pemberian metode SAS dalam proses pembelajaran. Setelah dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang secara signifikan antara keterampilan memnaca permulaan siswa. Kesimpulannya metode SAS memberikan pengaruh positif terhadap keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas II.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 30 May 2023 05:56 |
Last Modified: | 30 May 2023 05:56 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29323 |
Actions (login required)
View Item |