PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD NEGERI NO. 62 MAWANG KABUPATEN BANTAENG

HASNAH (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD NEGERI NO. 62 MAWANG KABUPATEN BANTAENG.

[img] Text
SAMPUL HASNAH.docx

Download (43kB)
[img] Text
TAMBAHAN SKRIPSI HASNAH.docx

Download (54kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.docx

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (18kB)
[img] Text
BAB I (Revisi 1).docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB II (Revisi 1).docx

Download (38kB)
[img] Text
BAB III (revisi).docx

Download (40kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)
[img] Image
IMG_20141208_085827.jpg

Download (353kB)
[img] Image
IMG_20141208_090016.jpg

Download (380kB)

Abstract

HASNAH, 2016, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Type Jigsaw untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di kelas IV SD Negeri No. 62 Mawang Kabupaten Bantaeng. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Rosdiah Salam, M.Pd dan Hj.Amrah,S.Pd.M.Pd Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SD Negeri No. 62 Mawang Kabupaten Bantaeng. Rumusan masalah penelitian adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif type Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas IV di SD Negeri No. 62 Mawang Kabupaten Bantaeng ? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif type jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar Siswa pada mata pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri No. 62 Mawang. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri No. 62 Mawang Tahun Pelajaran 2015/2016 sebanyak 20 siswa yakni 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Fokus dalam penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran Koopratif Type Jigsaw dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif. Berdasarkan analisis data dari hasil penelitian siklus I nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa masuk pada kategori rendah, selanjutnya siklus II meningkat menjadi kategori sangat baik, hal tersebut sebagai dampak dari meningkatnya aktivitas guru dan siswa. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif type jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika siswa kelas IV SD Negeri No. 62 Mawang Kabupaten Bantaeng.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 May 2023 03:18
Last Modified: 30 May 2023 03:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29304

Actions (login required)

View Item View Item