PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIF INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILANMEMBACA INTENSIF SISWA KELAS IV SDN 6 BATU KECAMATAN MAIWA KABUPATEN ENREKANG

SURDIN (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIF INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILANMEMBACA INTENSIF SISWA KELAS IV SDN 6 BATU KECAMATAN MAIWA KABUPATEN ENREKANG.

[img] Text
SAMPUL DEPAN.docx

Download (73kB)
[img] Text
Bab 1.docx

Download (29kB)
[img] Text
Bab 2.docx

Download (48kB)
[img] Text
bab 3.docx

Download (47kB)
[img] Text
daftar pustaka.docx

Download (25kB)
[img] Text
L1.docx

Download (31kB)
[img] Text
L2.docx

Download (27kB)
[img] Text
L3.docx

Download (30kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDU1.docx

Download (50kB)

Abstract

Surdin, 2016. Penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Untuk meningkatkan keterampilan membaca Intensif Siswa Kelas IV SD 6 Batu Kecamatan Maiwa Kabupaten Enrekang. Skripsi, Dibimbing oleh Rosdiah Salam S,Pd M,Pd dan Dr. Suarlin M,Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan membaca intensif siswa kelas IV SD 6 Batu Kecamatan Maiwa Kabupaten Enrekang. Penelitian ini bertujuan unutuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe CIRC untuk meningkatkan keterampilan membaca intensif siswa kelas IV SD 6 Batu Kecamatan Maiwa Kabupaten Enrekang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek peneliti ini adalah Guru dan Siswa kelas IV yang berjumlah 20 siswa terdiri dari sembilan murid laki-laki dan seblas orang murid perempuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I, aktivitas guru pada siklus I berada dalam kategori cukup sementara aktivitas siswa berada dalam kategori cukup, sehingga peningkatan keterampilan membaca intensif siswa pada siklus I berada pada kategori cukup. Sedangkan pelaksanaan siklus II, aktivitas guru berada dalam kategori sangat baik sementara aktivitas siswa juga berada pada kategori sangat baik, sehingga keterampilan membaca intensif pada siklus II berada pada kategori sangat baik. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatife tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan keterampilan membaca intensif siswa kelas IV SD 6 Batu Kecamatan Maiwa Kabupaten Enrekang

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 May 2023 02:33
Last Modified: 30 May 2023 02:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29298

Actions (login required)

View Item View Item