PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIAPADA SISWA KELAS V SD INPRES LAYANG TUA I KECAMATAN BONTOALA KOTA MAKASSAR

SITI NURBAYTI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIAPADA SISWA KELAS V SD INPRES LAYANG TUA I KECAMATAN BONTOALA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1 sampul utama.docx

Download (43kB)
[img] Text
3 PERSETUJUAN PEMBINGBING.rtf

Download (722kB)
[img] Text
4 PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx

Download (43kB)
[img] Text
5 MOTO putri.rtf

Download (44kB)
[img] Text
4 PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (18kB)
[img] Text
6 ABSTRAK baru.rtf

Download (46kB)
[img] Text
7 PRAKATA putri.rtf

Download (60kB)
[img] Text
8 DAFTAR ISI putri.rtf

Download (71kB)
[img] Text
9 DAFTAR GAMBAR putri.rtf

Download (41kB)
[img] Text
10 DAFTAR TABEL putri.rtf

Download (41kB)
[img] Text
11 DAFTAR LAMPIRAN.rtf

Download (57kB)
[img] Text
BAB I.rtf

Download (109kB)
[img] Text
BAB II.rtf

Download (198kB)
[img] Text
BAB III.rtf

Download (265kB)
[img] Text
dokumentasi.rtf

Download (146MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.rtf

Download (134MB)

Abstract

Siti Nurbayti, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar bahasa Indonesia pada siswa Kelas V SD Inpres Layang Tua I Kecamatan Bontoala Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Muhammad Irfan, S.Pd, M.Pd dan Sahril Buchori, S.Pd, M.Pd Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar bahasa Indonesia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SD Inpres Layamg Tua I Kecamatan Bontoala Kota Makassar?. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia melalui model pembelajaran role playing pada siswa kelas V SD Inpres Layang Tua I Kecamatan Bontoala Kota Makassar. Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari dua pertemuan dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Fokus dalam penelitian ini adalah model pembelajaran role playing dan hasil belajar bahasa Indonesia. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Inpres Layang Tua I Kecamatan Bontoala Kota Makassar dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang yang terdiri dari 10 laki-laki dan 15 perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif. Hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SD Inpres Layang Tua I Kecamatan Bontoala Kota Makassar dilihat dari hasil penelitian pada siklus I yang berada pada kategori cukup, disebabkan karena guru kurang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran dan guru kurang bimbingan kepada setiap kelompok dengan baik sehingga berada pada kategori yang baik . Hal ini dapat pula dilihat dari aktivitas guru mengajar dan aktivitas siswa belajar yaitu terjadi perbaikan dari setiap siklusnya. Pada siklus I menunjukkan hasil observasi aktivitas mengajar guru berada pada kategori cukup dan aktivitas belajar siswa berada pada kategori kurang, setelah dilaksanakan siklus II aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa meningkat menjadi baik. Dengan demikian penerapan model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Inpres Layang Tua I Kecamatan Bontoala Kota Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 29 May 2023 06:08
Last Modified: 29 May 2023 06:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29259

Actions (login required)

View Item View Item