PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 183 GARANTA KECAMATAN UJUNG LOE KABUPATEN BULUKUMBA

SEPRI BENYAMIN LAE (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 183 GARANTA KECAMATAN UJUNG LOE KABUPATEN BULUKUMBA.

[img] Text
hal judul.docx

Download (41kB)
[img] Text
Sampel.docx

Download (30kB)
[img] Text
pengesahan Ujian Skripsi.docx

Download (58kB)
[img] Text
Skripsi.doc

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)

Abstract

Sepri B Lae, 2016. Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Di Kelas IV SD Negeri 183 Garanta Kecamatan Ujungloe Kabupaten Bulukumba. Skripsi ini dibimbing oleh Drs Lutfi, B.M. Kes dan Andi Dewi Riang Tati, S.Pd, M.Pd. Pada program Studi pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV SD Negeri 183 Garanta Kecamatan Ujungloe Kabupaten Bulukumba. Rumusan masalah ini adalah bagaimana penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Di Kwlas IV SD Negeri 183 Garanta Kecamatan Ujungloe Kabupaten Bulukumba. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Di Kelas IV SD Negeri 183 Garanta Kecamatan Ujungloe Kabupaten Bulukumba. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Tindakan dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus melalui empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus dalam penelitian ini adalah penerapan Strategi pembelajaran aktif dan hasil belajar siswa. Setting dan subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 37 siswa SD Negeri 183 Garanta Kecamatan Ujungloe Kabupaten Bulukumba yang terdiri dari 25 laki-laki dan 12 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu melalui observasi, tes dan dokumentasi dan data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II aktivitas mengajar guru dikategorikan baik. Sedangkan aktivitas belajar siswa pada siklus I dikategorikan kurang dan pada siklus II dikategorikan baik, sehingga akan berdampak pada hasil belajar siswa pada siklus I dikategorikan kurang sedangkan pada siklus II dikategorikan sangat baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Strategi pembelajaran aktif tipe index card match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SD Negeri 183 GarantaKecamatan Ujungloe Kabupaten Bulukumba.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 29 May 2023 05:41
Last Modified: 29 May 2023 05:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29256

Actions (login required)

View Item View Item