PENERAPAN PEMBELAJARANKOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE(TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MURID DI KELAS IV SDN.041TONDOKBAKARU KECAMATANTANDUK KALUA’KABUPATEN MAMASA

RIVALDY (2023) PENERAPAN PEMBELAJARANKOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE(TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MURID DI KELAS IV SDN.041TONDOKBAKARU KECAMATANTANDUK KALUA’KABUPATEN MAMASA.

[img] Text
1 Sampul Skripsi.docx

Download (23kB)
[img] Text
2 Persetujuan Pembimbing.docx

Download (74kB)
[img] Text
3 Pernyataan Keaslian.docx

Download (27kB)
[img] Text
4 Prakata.docx

Download (22kB)
[img] Text
5 Daftar Isi.docx

Download (29kB)
[img] Text
6 Skripsi.docx

Download (108kB)
[img] Text
7 Lampiran.docx

Download (380kB)
[img] Text
8 Riwayat Hidup.docx

Download (48kB)

Abstract

Rivaldy, 2014.Penerapan Pembelajaran Kooperatif TipeThink Pair Share(TPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Murid Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN. 041 TondokBakaru Kecamatan Tanduk Kalua’Kabupaten Mamasa. Skripsi,dibimbing oleh Dra. Erma Suryani Sahabuddin, M.Si. dan Dra.Hj. Nurhaedah, M.Si.Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca pemahaman murid kelas IV SDN. 041 Tondok Bakaru Kecamatan Tanduk Kalua’Kabupaten Mamasa.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman murid di kelas IV SDN. 041 Tondok Bakaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman murid di kelas IV SDN. 041 Tondok Bakaru. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rancangan penelitian tindakan kelas ini terdiri dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh murid kelas IV SDN. 041 Tondok Bakaru Kecamatan Tanduk Kalua’ Kabupaten Mamasa dengan jumlah 26 murid . Fokus penelitian adalah hasil belajar murid dan proses belajar menggunakan Think Pair Share (TPS). Tehnik pegumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru siklus I menunjukkan kategori cukup dan siklus II meningkat jadi baik. Demikian pula aktivitas murid pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II menjadi kategori baik.Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya hasil belajar murid dari kategori cukup pada siklus I dan menjadi kategori baik pada siklus II.Dengan demikian penerapan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman murid kelas IV SDN. 041 Tondok Bakaru Kecamatan Tanduk Kalua’Kabupaten Mamasa dapat meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 29 May 2023 01:46
Last Modified: 29 May 2023 01:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29249

Actions (login required)

View Item View Item