PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV A SDN 3 SUMPANG BINANGAE KECAMATAN BARRU KABUPATEN BARRU

Ade Anugrah A (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV A SDN 3 SUMPANG BINANGAE KECAMATAN BARRU KABUPATEN BARRU.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (55kB)
[img] Text
sampul persetujuan.docx

Download (52kB)
[img] Text
PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx

Download (53kB)
[img] Text
Lampiran depan.docx

Download (54kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (51kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (39kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (16kB)
[img] Text
Lampiran 1 silabus.docx

Download (28kB)
[img] Text
Lampiran 2-5 RPP kls eksperimen.docx

Download (65kB)
[img] Text
Dokumentasi.docx

Download (395kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (37kB)

Abstract

Ade Anugrah A, 2016, Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV A SDN 3 Sumpang Binangae Kecamatan Barru Kabupaten Barru. Dibimbing oleh Ahmad Syawaluddin, S.Kom.,M.Pd. dan Dra. Hj. Amrah, S.Pd, M.Pd. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar IPS Siswa kelas IV A SDN 3 Sumpang Binangae Kecamatan Barru Kabupaten Barru?. Bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV A SDN 3 Sumpang Binangae Kecamatan Barru Kabupaten Barru. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yaitu one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVA SDN 3 Sumpang Binangae Kecamatan Barru Kabupaten Barru. Sampel penelitian dipilih secara langsung dengan memilih satu kelas (tanpa acak), sehingga ditetapkan kelas eksperimen adalah kelas IVA dengan jumlah 33 siswa yang terdiri dari 22 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Data dikumpulkan dari tes hasil belajar pada ranah kognitif kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 3 Sumpang Binangae Kecamatan Barru Kabupaten Barru pada tes awal dominan berada pada kategori cukup, sedangkan pada tes akhir dominan berada pada kategori sangat baik. Analisis statistik inferensial yang digunakan yaitu uji hipotesis dengan menggunakan uji-t dua sampel dependent (sample paired test), yang pengambilan keputusannya dilakukan dengan dua cara, dengan membandingkan t hitung dan t tabel dan berdasarkan nilai probabilitas. Berdasarkan hasil statistik dengan menggunakan SPSS 20.0 diperoleh nilai t hitung > t tabel. Hasil uji hipotesis hasil belajar IPS diperoleh nilai signifikasi sig 0,000 < α (0,05), berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan sebelum dan sesudah diterapkan metode mind mapping terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV A SDN 3 Sumpang Binangae Kecamatan Barru Kabupaten Barru.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 29 May 2023 01:11
Last Modified: 29 May 2023 01:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29246

Actions (login required)

View Item View Item