PENGGUNAAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWAKELAS II SD INPRES SERO KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA

KURNIA SAPUTRI (2023) PENGGUNAAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWAKELAS II SD INPRES SERO KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA.

[img] Text
0 SAMPUL AWAL.docx

Download (38kB)
[img] Text
1. SAMPUL new.docx

Download (129kB)
[img] Text
2. ISI.docx

Download (153kB)
[img] Text
Lampiran.docx

Download (15MB)

Abstract

KURNIA SAPUTRI. 2016 Penggunaan Media Big Book untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas II SD Inpres Sero Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Muhammad Irfan S.Pd.,M.Pd. dan Drs. Mufa’adi, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah pada penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SD Inpres Sero Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Rumusan masalah: Bagaimanakah Penggunaan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaaan Pada Siswa Kelas II SD Inpres Sero Kecamatan Somba opu Kabupaten Gowa? Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan penggunaan media big book dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas II SD Inpres Sero Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif deskriptif. Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Penelitian tindakan kelas dilaksanakan melalui empat tahap pelaksanaan penelitian yang terdiri tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian yaitu penggunaan media big book dan penigkatan kemampuan membaca. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas II. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media big book dapat meningkatkan aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa hal ini dapat dilihat bahwa pada siklus I aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa berada pada kategori cukup. Sedangkan pada siklus II aktivitas dan aktivitas belajar siswa berada pada kategori baik. Kemampuan membaca pada siklus I belum mencapai ketuntasan secara klasikal dan siklus II sudah tercapai ketuntasan secara klasikal. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan media big book dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa Kelas II SD Inpres Sero Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 May 2023 06:57
Last Modified: 26 May 2023 06:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29231

Actions (login required)

View Item View Item