NELCE HENDRIK SARIALLO (2023) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD INPRES KASSI-KASSI MAKASSAR.
Text
SKRIPSI.docx Download (44kB) |
|
Text
isi skrisi.docx Download (111kB) |
|
Text
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN siklus 2 prtm 1.docx Download (72kB) |
|
Text
Lampiran 15.docx Download (182kB) |
|
Text
31-33.docx Download (21kB) |
|
Text
DOKUMENTASI.doc Download (1MB) |
Abstract
Nelce Hendrik Sariallo (2016), Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Inpres Kassi-Kassi Makassar. Skripsi dibimbing oleh Nur Abidah, Idrus, S.Pd.,M.Pd, Dr.Arnidah, S.Pd.,M.Si. Ahmad Syawaluddin, S.Kom., M.Pd dan Muhammad Irfan S.Pd, M.Pd selaku Ketua dan Sekertaris Prodi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah penelitian adalah bagaimanakah penerapan metode pembelajaran Inkuiri dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Inpres Kassi-Kassi Makassar? Tujuan penelitian adalah untuk penerapan metode pembelajaran Inkuiri dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas IV SD Inpres Kassi-Kassi Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran Inkuiri dan hasil belajar IPA. Subjek penelitian adalah seorang guru dan siswa kelas IV SD Inpres Kassi-Kassi Makassar Tahun ajaran 2016/2017, dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang, yang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Inkuiri meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran yang menyebabkan terjadinya peningkatan hasil belajar. Peningkatan itu dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada setiap siklus, yaitu pada siklus I berada pada kategori cukup, sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode pembelajaran Inkuiri secara maksimal maka berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Inpres Kassi-Kassi Makassar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 25 May 2023 06:48 |
Last Modified: | 25 May 2023 06:48 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29197 |
Actions (login required)
View Item |