PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MURID KELAS IV SDN LARIANGBANGI 1 KOTA MAKASSAR

ASMAWATI (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MURID KELAS IV SDN LARIANGBANGI 1 KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul-ku.docx

Download (112kB)
[img] Text
BAB 1 - III.docx

Download (61kB)
[img] Text
L. RPP 1.docx

Download (1MB)
[img] Text
L. RPP 2-1.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP PENULIS.docx

Download (39kB)

Abstract

Asmawati, 2015. Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada murid kelas IV SDN Lariangbangi 1 Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Erma Suryani Sahabuddin, M.Si dan Dra. St. Nursiah B, M.Pd pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA pada murid kelas IV SDN Lariangbangi 1 Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada murid kelas IV SDN Lariangbangi 1 Kota Makassar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada murid kelas IV SDN Lariangbangi 1 Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian adalah 1) Model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD), 2) Hasil belajar IPA. Setting penelitian di SDN Lariangbangi 1 Kota Makassar. Subjek penelitian adalah guru dan murid kelas V SDN Lariangbangi 1 Kota Makassar sebanyak 32 murid. Tehnik pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis data deskriptif kualitatif yang terdiri tiga tahap yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil belajar yang diperoleh pada proses pembelajaran pada siklus I proses pembelajaran guru berada pada kategori cukup dan belajar siswa berada pada kategori cukup serta hasil belajar siswa berada pada kategori cukup. Sedangkan pada siklus II proses pembelajaran guru berada pada kategori baik dan belajar siswa berada pada kategori baik serta hasil belajar siswa berada pada kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada murid kelas IV SDN Lariangbangi 1 Kota Makassar meningkat

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 May 2023 06:30
Last Modified: 25 May 2023 06:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29195

Actions (login required)

View Item View Item