penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual) untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V SD Negeri Bontoramba Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar

ANDI IRHAM, (2023) penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual) untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V SD Negeri Bontoramba Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (55kB)
[img] Text
pengesahan.docx

Download (82kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (31kB)
[img] Text
HALAMAN AWAL.docx

Download (40kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (160kB)
[img] Text
LAMPIRAN OKEYYYYYYYY.docx

Download (187kB)
[img] Text
DOKUMENTASI.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (135kB)

Abstract

ANDI IRHAM, 2016. Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual) untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V SD Negeri Bontoramba Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Dibimbing oleh Nur Abidah Idrus, S.Pd,. M.Pd dan Dra. Hj.St. Murni, M.Hum. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V. Adapun rumusan masalahnya adalah Bagaimanakah Penerapan Model Pembelajaran SAVI untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri Bontoramba?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Model pembelajaran SAVI untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri Bontoramba. Pendekatan Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapaun fokus penelitian adalah penerapan model Pembelajaran SAVI dan hasil belajar IPA. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V yang berjumlah 29 orang terdiri dari 16 laki-laki dan 13 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Setelah menerapkan langkah-langkah pada model pembelajaran SAVI maka hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa kelas V. Pada aktivitas mengajar guru siklus I berada pada kategori cukup, dan pada siklus II berada pada kategori baik. Demikian pula aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan siklus II berada pada kategori baik. Begitupula pada hasil belajar siswa, pada siklus I belum berhasil mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu 80 sesuai yang telah ditetapkan. Pada siklus II hasil belajar siswa sudah mengalami peningkatan dan berada pada kategori tuntas. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model Pembelajaran SAVI dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri Bontoramba

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 May 2023 05:51
Last Modified: 25 May 2023 05:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29182

Actions (login required)

View Item View Item