JULIANTI (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 179 TANAH BERU KECAMATAN BONTO BAHARI KABUPATEN BULUMBA.
Text
SAMPUL JULIANTI.docx Download (55kB) |
|
Text
julianti abstrak moto,kp.docx Download (16kB) |
|
Text
julianti baru.docx Download (256kB) |
|
Text
Dokumentasi Julianti,.docx Download (793kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP julianti.docx Download (13kB) |
Abstract
Julianti, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Di Kelas IV SDN 179 Tanah Beru Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Rohana., S.Pd, M.Pd dan Ahmad Syawaluddin.S.Kom.,M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan rumusan masalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN 179 Tanah Beru Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba?.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN 179 Tanah Beru Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Fokus penelitian yaitu penerapan pendekatan kooperatif tipe STAD dan hasil belajar IPA. Subjek penelitian adalah 1 orang guru kelas IV dan siswa kelas IV IV SDN 179 Tanah Beru Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba. yang berjumlah 20 orang tahun pelajaran 2014/2015 semester ganjil. Tehnik pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi, selanjutnya tehnik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Kesimpulan hasil penelitian yaitu penerapan pendekatan kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN 179 Tanah Beru . Hal ini dapat dilihat dari aktivitas guru pada siklus I menunjukkan kategori cukup (C) dan siklus II meningkat menjadi kategori baik (B). Demikian pula aktivitas siswa pada siklus I menunjukkan kategori cukup (C) dan siklus II meningkat menjadi kategori baik (B). Hal ini diikuti dengan meningkatnya hasil belajar siswa dari kategori tidak tuntas pada siklus I menjadi kategori tuntas pada siklus II. Dengan demikian penerapan pendekatan kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN 179 Tanah Beru Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 25 May 2023 05:39 |
Last Modified: | 25 May 2023 05:39 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29179 |
Actions (login required)
View Item |