PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT(TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD BONTORAMBA KOTA MAKASSAR

ASPANDI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT(TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD BONTORAMBA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT.docx

Download (94kB)
[img] Text
1.docx

Download (26kB)
[img] Text
2.docx

Download (62kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (16kB)
[img] Text
Doc1.docx

Download (14kB)
[img] Text
LAMPIRAN 1.docx

Download (1MB)

Abstract

Aspandi,2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament(TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Bonto Ramba Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Muhammad Irfan, S.Pd., M.Pd dan Khaerunnisa, S.Pd,. Ma Program Studi Penddikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV. Adapun rumusan masalahnya adalah Bagaimanakah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament(TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas Kelas IV SD Bonto Ramba Kota Makassar . Penelitian ini bertujuan Untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dikelas Kelas IV SD Bonto Ramba Kota Makassar IV. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus, dimana tiap siklus terdiri atas dua pertemuan, dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapaun fokus penelitian terdiri dari penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament(TGT) dan hasil belajar IPS. Setting penelitian bertempat di SD Bonto Ramba Kota Makassar dengan subjek penelitian yang terdiri dari guru/wali kelas IV dan siswa kelas IV yang berjumlah 25 orang yang terdiri dari 10 siswa laki – laki dan 15 siswa perempuan.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dengan analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran teams games tournament meningkatkan aktivitas guru yaitu pada siklus I berada pada kategori cukup sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik, dan begitupula pada siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan siklus II berada pada kategori baik sehingga menyebabkan terjadinya peningkatan hasil belajar. Peningkatan itu dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada setiap siklus, yaitu pada siklus I berada pada kategori cukup, sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran teams games tournament secara maksimal maka berdampak pada peningkatan hasil belajar IPS Kelas Kelas IV SD Bonto Ramba Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 May 2023 03:22
Last Modified: 25 May 2023 03:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29147

Actions (login required)

View Item View Item