PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IVSD NEGERI KAPASA KELURAHAN KAPASA KECAMATAN TAMALANREA KOTA MAKASSAR

MAGFIRAH MUSDALIFAH (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IVSD NEGERI KAPASA KELURAHAN KAPASA KECAMATAN TAMALANREA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (97kB)
[img] Text
SKRIPSI MAGFIRAH MUSDALIFAH.docx

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA asli.docx

Download (12kB)
[img] Text
LAMPIRAN SKRIPSI.docx

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN 10.docx

Download (18kB)
[img] Text
LAMPIRAN 20.docx

Download (18kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (65kB)

Abstract

Magfirah Musdalifah, 2016 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA kelas IV SD Negeri Kapasa Kelurahan Kapasa Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Erma Suryani Sahabuddin, M.Si dan Dr. Andi Nurochmah. M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri Kapasa Kelurahan Kapasa Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa dan aktivitas mengajar guru pada mata pelajaran IPA? dan Apakah penerapan Model Pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa dan aktivitas mengajar guru kelas IV pada mata pelajaran IPA, dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament di kelas IV. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Fokus dalam penelitian adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT), dan hasil belajar IPA. Subjek penelitian ini adalah Guru dan siswa kelas IV sebanyak 20 orang dengan materi sumber daya alam. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran. Peningkatan itu dapat dilihat dari setiap siklus yaitu pada Siklus I masuk pada kategori kurang, dan aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa masuk pada kategori cukup, selanjutnya pada Siklus II berada pada ketegori sangat baik, dan aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa masuk pada kategori baik. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas IV

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 May 2023 02:32
Last Modified: 25 May 2023 02:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29134

Actions (login required)

View Item View Item