MAGFIRAH MUSDALIFAH (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IVSD NEGERI KAPASA KELURAHAN KAPASA KECAMATAN TAMALANREA KOTA MAKASSAR.
Text
SAMPUL.docx Download (97kB) |
|
Text
SKRIPSI MAGFIRAH MUSDALIFAH.docx Download (88kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA asli.docx Download (12kB) |
|
Text
LAMPIRAN SKRIPSI.docx Download (1MB) |
|
Text
LAMPIRAN 10.docx Download (18kB) |
|
Text
LAMPIRAN 20.docx Download (18kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (65kB) |
Abstract
Magfirah Musdalifah, 2016 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA kelas IV SD Negeri Kapasa Kelurahan Kapasa Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Erma Suryani Sahabuddin, M.Si dan Dr. Andi Nurochmah. M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri Kapasa Kelurahan Kapasa Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa dan aktivitas mengajar guru pada mata pelajaran IPA? dan Apakah penerapan Model Pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa dan aktivitas mengajar guru kelas IV pada mata pelajaran IPA, dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament di kelas IV. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Fokus dalam penelitian adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT), dan hasil belajar IPA. Subjek penelitian ini adalah Guru dan siswa kelas IV sebanyak 20 orang dengan materi sumber daya alam. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran. Peningkatan itu dapat dilihat dari setiap siklus yaitu pada Siklus I masuk pada kategori kurang, dan aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa masuk pada kategori cukup, selanjutnya pada Siklus II berada pada ketegori sangat baik, dan aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa masuk pada kategori baik. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas IV
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 25 May 2023 02:32 |
Last Modified: | 25 May 2023 02:32 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29134 |
Actions (login required)
View Item |