PENGARUH PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI TIDUNG KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

RIZA DIAH ARIFAH (2023) PENGARUH PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI TIDUNG KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. SAMPUL.docx

Download (54kB)
[img] Text
2. PRAKATA.docx

Download (81kB)
[img] Text
3. ISI.docx

Download (93kB)
[img] Text
4. LAMPIRAN.docx

Download (7MB)
[img] Text
5. RIWAYAT HIDUP.docx

Download (46kB)

Abstract

Riza Diah Arifah, 2016. Pengaruh Penggunaan Metode Mind Mapping terhadap Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas V SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Latri, S.Pd.,M.Pd dan Drs. H. Anas Malik, M.Si. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Skripsi ini menelaah pengaruh penggunaan metode mind mapping terhadap hasil belajar IPS siswa. Adapun rumusan masalah yang dikaji adalah apakah terdapat pengaruh penggunaan metode Mind Mapping terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi mengenai pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar dalam proses pembelajaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design yang merupakan jenis desain penelitian quasi experimental designs. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV, V dan VI SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V A dan kelas V B dengan menggunakan teknik porposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistika inferensial. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V yang terdiri dari kelas eksperimen atau kelas yang diberikan treatment berupa penggunaan metode mind mapping lebih tinggi jika dibandingkan dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pada kelas kontrol atau kelas yang tidak diberi treatment berupa penggunaan metode mind mapping. Hasil uji independent sample t-tes menunjukkan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan antara rata-rata nilai IPS siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini berarti penggunaan metode mind mapping berpengaruh terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 May 2023 06:36
Last Modified: 24 May 2023 06:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29107

Actions (login required)

View Item View Item