PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW II UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 213 LAGOCI KECAMATAN LILIRIAJA KABUPATEN SOPPENG

HAMRIANI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW II UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 213 LAGOCI KECAMATAN LILIRIAJA KABUPATEN SOPPENG.

[img] Text
Halama depan SKRIPSI.docx

Download (24kB)
[img] Text
persetujuan pembimbing skripsi.docx

Download (29kB)
[img] Text
PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx

Download (14kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR ISI SKRIPSI.docx

Download (22kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB 1.docx

Download (27kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB 2.docx

Download (52kB)
[img] Text
daftar pustaka baru.docx

Download (18kB)

Abstract

HAMRIANI, 2016. Penerpan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 213 Lagoci Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng. Skripsi dibimbing oleh Dra. Hj. St. Johara Nonci, M.Si dan Drs. Usman, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeeri 213 Lagoci Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng. Rumusan masalah yang diajukan bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 213 Lagoci Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 213 Lagoci Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus di sajikan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Fokus penelitian adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II oleh guru dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 213 Lagoci Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng, sebanyak 20 orang siswa, yang terdiri dari 10 laki-laki dan 10 perempuan. Pelaksanaan penelitian ini, peneliti bertindak sebagai observer dan guru tetap bertindak sebagai guru. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif deskriptif untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV. Pada siklus I aktivitas mengajar guru berada pada kategori cukup menjadi kategori baik pada siklus II. Demikian pula aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup menjadi kategori baik pada siklus II. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa. Pada siklus I belum berhasil mencapai ketuntasan klasikal yang ditentukan dan berada pada kategori cukup. Pada siklus II hasil belajar siswa sudah meningkat, hal itu terlihat dari ketuntasan belajar klasikal yang ditentukan yaitu berada pada kategori sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 213 Lagoci Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 May 2023 06:28
Last Modified: 24 May 2023 06:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29104

Actions (login required)

View Item View Item