PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI TIDUNG KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

Ade Wardiman (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI TIDUNG KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul depan asli.docx

Download (61kB)
[img] Text
sampul kedua asli.docx

Download (103kB)
[img] Text
Bab 1-3 revisi.docx

Download (3MB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (6MB)

Abstract

Ade Wardiman, 2016. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri Tidung Kecamatan Rappoci Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Erma Suryani Sahabuddin, M.Si. dan Dr. Andi Nurochmah, M.Pd. pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah dalam proses pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar yang berlangsung tidak ditemukan media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam menunjang pembelajaran, pembelajaran yang kurang menarik, pengelolaan kelas yang masih bersifat klasikal dan konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan media audio visual pada mata pembelajaran IPA, bagaimanakah hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA, serta apakah terdapat pengaruh penggunaan Media Audio Visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas V SD Negeri. adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan media audio visual pada mata pembelajaran IPA kelas V SD Negeri Tidung, untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri Tidung. untuk mengetahui pengaruh penggunaan Media Audio Visual terhadap hasil siswa pada mata pelajaran IPA Kelas V SD Negeri Tidung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian ini adalah experiment, dengan tahap pretest, treatment, dan posttest. Variabel dalam penelitian ini terdiri atas dua, variabel bebas yaitu penggunaan media audio visual dan variabel terikat yaitu hasil belajar IPA. Pengambilan sampel dengan teknik porposive simpling, sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas V Negeri Tidung dengan berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang diguanakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan t-test dengan jenis paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan media audio visual dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran IPA tergolong efektif, hasil belajar IPA pada kelas V setelah menggunakan media audio visual menunjukkan nilai postest lebih besar dari pada nilai pretest, dan media audio visual memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 May 2023 02:48
Last Modified: 24 May 2023 02:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29093

Actions (login required)

View Item View Item