PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IVSD INPRES KALEBAJENG KECAMATAN BAJENG KABUPATEN GOWA

ELMITA SALAGA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IVSD INPRES KALEBAJENG KECAMATAN BAJENG KABUPATEN GOWA.

[img] Text
0 sampul mita.docx

Download (74kB)
[img] Text
01 motto keaslian skripsi.docx

Download (46kB)
[img] Text
1 BAB I Pendahuluan.docx

Download (32kB)
[img] Text
2 BAB II Kajian pustaka.docx

Download (65kB)
[img] Text
5 daftar pustaka mitaa.docx

Download (24kB)
[img] Text
6 LAMPIRAN-LAMPIRAN.docx

Download (18kB)
[img] Text
7 silabus.docx

Download (23kB)
[img] Text
26 dokumentasi.docx

Download (2MB)
[img] Text
27 RIWAYAT HIDUP.docx

Download (51kB)

Abstract

Elmita Salaga, 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Inpres Kalebajeng Kecamatan Bajeng Gowa. Skripsi ini dibimbing oleh Nurhaedah, S.Pd.,M.Pd dan Dra. Sitti Habibah, M.Si Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Penelitian ini menelaah Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Inpres Kalebajeng Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. Masalah dalam penelitian ini adalah : (1) bagaimana gambaran hasil belajar IPS sebelum dan setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran aktif tipe Team Quiz? (2) apakah terdapat perbedaan hasil belajar IPS siswa antara kelas yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan Team Quiz dengan kelas yang mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Inpres Kalebajeng Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa?. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Mengetahui gambaran hasil belajar IPS sebelum dan setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran aktif tipe Team Quiz, (2) Mengetahui perbedaan hasil belajar IPS siswa antara kelas yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan Team Quiz dengan kelas yang mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Inpres Kalebajeng Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design dengan tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Inpres Kalebajeng Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa dengan jumlah sampel 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini tes hasil belajar siswa, lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari Uji Normalitas dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Gambaran hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Inpres Kalebajeng Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa sebelum menerapkan model pembelajaran aktif tipe Team Quiz berdasarkan pretest berada pada kategori rendah, (2) Gambaran hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Inpres Kalebajeng Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa sebelum menerapkan model pembelajaran aktif tipe Team Quiz berdasarkan posttest berada pada kategori tinggi, (3) Ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran aktif tipe Team Quiz terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Inpres Kalebajeng Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 May 2023 02:29
Last Modified: 24 May 2023 02:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29091

Actions (login required)

View Item View Item