MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI BERCERITA DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA JENEPONTO

Lisnawati (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI BERCERITA DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA JENEPONTO.

[img] Text
sampul.docx

Download (41kB)
[img] Text
6. MOTTO DAN PERSEMBAHAN.doc

Download (27kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (26kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB II fix.docx

Download (58kB)
[img] Text
bab III.docx

Download (52kB)
[img] Text
daftar pustaka.docx

Download (17kB)
[img] Text
Lampirann.docx

Download (6MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (204kB)

Abstract

Lisnawati, 2018. Meningkatkan Kemampuan Menyimak melalui Bercerita dengan Boneka Tangan Anak Usia 4-5 Tahun di TK Negeri Pembina Bangkala Kabupaten Jeneponto. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Rusmayadi, M.Pd dan Hajerah, S.Pd.I, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimanakah Meningkatkan Kemampuan Menyimak melalui Bercerita dengan Media Boneka Tangan pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Negeri Pembina Bangkala Kabupaten Jeneponto?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan kemampuan menyimak melalui bercerita dengan boneka tangan pada anak usia 4-5 tahun TK Negeri Pembina Bangkala, Jeneponto. Subjek penelitian ini adalah anak Kelompok A2 dengan jumlah anak didik 15 orang dengan 2 orang guru. Objek penelitian adalah kemampuan menyimak. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi yang diambil pada saat proses pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus berlangsung selama 4 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menyimak Anak Usia 4-5 Tahun TK Negeri Pembina Jeneponto dapat ditingkatkan. Hasil observasi pada pra tindakan menunjukkan bahwa tidak ada anak yang berkriteria berkembang sangat baik. Setelah adanya tindakan Siklus I kemampuan menyimak kriteria berkembang sangat baik meningkat menjadi 5 anak dan pada Siklus II kriteria berkembang sangat baik meningkat menjadi 12 anak. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa bercerita dengan media boneka tangan pada anak usia 4-5 tahun dapat meningkatkan kemampuan menyimak pada Anak Usia 4-5 tahun TK Negeri Pembina Bangkala Kabupaten Jeneponto.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Feb 2023 01:30
Last Modified: 07 Feb 2023 01:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27077

Actions (login required)

View Item View Item