SULFIATI (2023) PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SAINS ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK ABA TUNAS HARAPAN MAKASSAR.
Text
1. SAMPUL.pdf Download (25kB) |
|
Text
3. MOTTO.pdf Download (5kB) |
|
Text
2. PERNYATAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (86kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (85kB) |
|
Text
5. PRAKATA.pdf Download (160kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI, DAFTAR LAMPIRAN, DAFTAR GAMBAR.pdf Download (95kB) |
|
Text
7. BAB I.pdf Download (184kB) |
|
Text
8. BAB II.pdf Download (227kB) |
|
Text
9. BAB III.pdf Download (246kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (87kB) |
|
Text
13. KISI-KISI.pdf Download (19kB) |
|
Text
19. lembar observasi siklus 1 peretmuan 1-3.pdf Download (155kB) |
|
Text
20. Lembar Observasi Siklus II Pertemuan Pertama-1.pdf Download (170kB) |
|
Text
21. lembar observasu siklus 1 pertemuan ke 2-1.pdf Download (162kB) |
|
Text
22. lembar observasu siklus II pertemuan ke 2-1.pdf Download (162kB) |
|
Text
24. DOKUMENTASI foto kegiatan anak.pdf Download (582kB) |
|
Text
25. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (16kB) |
Abstract
SULFIATI, 2018, Penggunaan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Kemampuan Sains Anak Pada Kelompok B di Taman Kanak-kanak Aba Tunas Harapan Makassar. Skripsi di bimbing oleh Dr.Azizah Amal,S.S,M.Pd dan Dr.Rusmayadi,S.Pd,M.Pd Program Studi PG-PAUD, Universitas Negeri Makkassar (UNM), lampiran. Kata Kunci: Metode Eksperimen, dan Kemampuan Sains. Sains merupakan bidang ilmu yang mempelajari tentang berbagai fenomena alam yang ada di lingkung sekitar yang dapat diobservasi dan di eksperimenkan sehingga menghasilkan suatu kesimpulan baru yang dapat berguna dan di manfaatkan bersama . pendekatan kualitatif Jenis penelitian tindakan kelas dan jenis metode kolaboratif Pengambilan sampel anak pada kelompok Aba Tunas Harapan Makassar, sebanyak 15 anak, adapun teknik pengumpulan data yakni menggunakan instrumen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Berdasarkan pengumpulan data terdiri dari observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, maka diperoleh kesimpulan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan keterampilan proses sains anak pada Kelompok B TK Aba Tunas Harapan Makassar. Peningkatan keterampilan proses sains tersebut dapat dilihat dari persentase hasildata yang diperoleh di pra tindakan, Siklus I dan Siklus II. Pada tahap pratindakan sebagian besar anak masuk dalam kriteria kurang, pada Siklus I keterampilan proses sains anak meningkat pada kriteria baik dan sangat baik sebanyak tujuh anak (26,6% ) dari jumlah total 15 anak. Pada tindakan siklus II meningkat menjadi sembilan anak (60%) dari jumlah total 15 anak. Pembelajaran dikatakan berhasil karena keterampilan proses sains anak meningkat lebih dari 80% dari kondisi awal sebelum tindakan dan sesuai dengan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 03 Feb 2023 03:18 |
Last Modified: | 03 Feb 2023 03:18 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27013 |
Actions (login required)
View Item |