PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SAINS ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK ABA TUNAS HARAPAN MAKASSAR

SULFIATI (2023) PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SAINS ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK ABA TUNAS HARAPAN MAKASSAR.

[img] Text
1. SAMPUL.pdf

Download (25kB)
[img] Text
3. MOTTO.pdf

Download (5kB)
[img] Text
2. PERNYATAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
5. PRAKATA.pdf

Download (160kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI, DAFTAR LAMPIRAN, DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (95kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (184kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf

Download (227kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf

Download (246kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] Text
13. KISI-KISI.pdf

Download (19kB)
[img] Text
19. lembar observasi siklus 1 peretmuan 1-3.pdf

Download (155kB)
[img] Text
20. Lembar Observasi Siklus II Pertemuan Pertama-1.pdf

Download (170kB)
[img] Text
21. lembar observasu siklus 1 pertemuan ke 2-1.pdf

Download (162kB)
[img] Text
22. lembar observasu siklus II pertemuan ke 2-1.pdf

Download (162kB)
[img] Text
24. DOKUMENTASI foto kegiatan anak.pdf

Download (582kB)
[img] Text
25. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (16kB)

Abstract

SULFIATI, 2018, Penggunaan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Kemampuan Sains Anak Pada Kelompok B di Taman Kanak-kanak Aba Tunas Harapan Makassar. Skripsi di bimbing oleh Dr.Azizah Amal,S.S,M.Pd dan Dr.Rusmayadi,S.Pd,M.Pd Program Studi PG-PAUD, Universitas Negeri Makkassar (UNM), lampiran. Kata Kunci: Metode Eksperimen, dan Kemampuan Sains. Sains merupakan bidang ilmu yang mempelajari tentang berbagai fenomena alam yang ada di lingkung sekitar yang dapat diobservasi dan di eksperimenkan sehingga menghasilkan suatu kesimpulan baru yang dapat berguna dan di manfaatkan bersama . pendekatan kualitatif Jenis penelitian tindakan kelas dan jenis metode kolaboratif Pengambilan sampel anak pada kelompok Aba Tunas Harapan Makassar, sebanyak 15 anak, adapun teknik pengumpulan data yakni menggunakan instrumen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Berdasarkan pengumpulan data terdiri dari observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, maka diperoleh kesimpulan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan keterampilan proses sains anak pada Kelompok B TK Aba Tunas Harapan Makassar. Peningkatan keterampilan proses sains tersebut dapat dilihat dari persentase hasildata yang diperoleh di pra tindakan, Siklus I dan Siklus II. Pada tahap pratindakan sebagian besar anak masuk dalam kriteria kurang, pada Siklus I keterampilan proses sains anak meningkat pada kriteria baik dan sangat baik sebanyak tujuh anak (26,6% ) dari jumlah total 15 anak. Pada tindakan siklus II meningkat menjadi sembilan anak (60%) dari jumlah total 15 anak. Pembelajaran dikatakan berhasil karena keterampilan proses sains anak meningkat lebih dari 80% dari kondisi awal sebelum tindakan dan sesuai dengan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Feb 2023 03:18
Last Modified: 03 Feb 2023 03:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27013

Actions (login required)

View Item View Item