Peningkatan KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK MELALUI KARTU KATA PADA ANAK DI TAMAN KANAK- KANAK TUNAS BANGSA KOTA MAKASSAR

Mahdalena Pietres (2023) Peningkatan KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK MELALUI KARTU KATA PADA ANAK DI TAMAN KANAK- KANAK TUNAS BANGSA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (23kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx

Download (24kB)
[img] Text
MOTTO.docx

Download (17kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (19kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (20kB)
[img] Text
PRAKATA.docx

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (41kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (36kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (2).docx

Download (19kB)
[img] Text
Kisi-Kisi Instrumen.docx

Download (31kB)
[img] Text
lAMPIRAN fOTO.docx

Download (1MB)

Abstract

Mahdalena Pietres 2018. Skripsi Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Bermain Kartu Kata pada Anak di Taman Kanak–kanak Tunas Bangsa. dibimbing oleh Syamsuardi, S.Pd., M.Pd dan Hajerah, S.Pd.I., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana meningkatkan kemampuan membaca awal anak melalui bermain kartu kata pada anak di Taman Kanak – kanak Tunas Bangsa Kota Makassar” tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca awal anak melalui bermain kartu kata pada anak. Pendekatan penelitian yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah tindakan kelas (PTK) dan terdiri 4 tahap dalam siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah kemampuan membaca awal anak bermain kartu kata pada anak penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan . Subyek penelitian ini adalah anak didik TK Tunas Bangsa yang berjumlah 15 anak dan 1 orang guru. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi data kedua dianalisis secara kualitatif melalui tahap penyelidikan, penyajian dan menarik kesimpulan. Hasil dicapai pada siklus I pertemuan I dan II observasi yang dilakukan guru masih kurang dalam melakukan langkah- langkah kegiatan sehingga kegiatan bermain kartu kata masih kurang sehingga observasi anak belum berhasil sehingga pada kategori baik belum didapatkan pada anak, pada kategori baik 3 anak mendapat kategori baik, cukup 9 anak dengan persentase 40% dan kurang 6 anak (40%), pertemuan II, 8 anak yang mendapat kategori baik (53%) 4 anak kategori cukup (26,6%) dan kategori kurang 3 anak (20%). Pada siklus II pertemuan I dan II, dapat dikategorikan terlaksana dengan baik karena hampir semua dari jumlah anak dalam kemampuan membaca awal sudah meningkat dan dengan langkah-langkah yang dilakukan guru sudah berhasil sehingga anak mampu melakukan kegiatan bermain kartu kata dengan baik. Pada siklus II pertemuan I kategori baik 12 anak (79.1%) cukup 2 anak (13,3%) dan kurang 1 anak (6,6%) pada siklus II pertemuan II semua anak mendapat nilai baik dengan persentase 85% Sehingga kegiatan ini berhasil dalam meningkatkan kemampuan membaca awal anak melalui bermain kartu kata pada anak di Taman Kanak – kanak Tunas Bangsa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Feb 2023 01:36
Last Modified: 03 Feb 2023 01:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26997

Actions (login required)

View Item View Item