PENINGKATAN PERILAKU DISIPLIN ANAK MELALUI TEHNIK MODELLING DI TK PERTIWI SAPAYA KECAMATAN BUNGAYA KABUPATEN GOWA

Y A S M A (2023) PENINGKATAN PERILAKU DISIPLIN ANAK MELALUI TEHNIK MODELLING DI TK PERTIWI SAPAYA KECAMATAN BUNGAYA KABUPATEN GOWA.

[img] Text
Sampul.docx

Download (38kB)
[img] Text
persetujuan mama te'ne.docx

Download (64kB)
[img] Text
motto.docx

Download (23kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (33kB)
[img] Text
DAFTAR gambar.docx

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR Tabel.docx

Download (23kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (33kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (55kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (42kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (41kB)
[img] Text
Lampiran 2.docx

Download (36kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (61kB)

Abstract

Yasma.2018. Peningkatan Disiplin Anak Melalui Tehnik Modelling Di TK Pertiwi Sapaya Kecamatan Bungaya Kabupaten Gowa. Skripsi ini dibimbing oleh Dr. Muhammad Akil Musi, S.Pd., M.Pd dan Herman, S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Masalah yang dikaji adalah “bagaimana peningkatan perilaku disiplin anak melalui tehnik modelling” dan tujuan untuk meningkatkan perilaku disiplin anak melalui tehnik modelling di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Sapaya Kecamatan Bungaya Kabupaten Gowa. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 4 langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah (1) Kedisiplinan, dan (2) Tehnik Modelling. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, siklus I dilakukan 2 kali pertemuan dan siklus ke II dilakukan 2 kali pertemuan, subyek penelitian ini adalah Taman Kanak-Kanak Pertiwi Sapaya yang berjumlah 31 orang anak dan 1 orang guru. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif yang terdiri dari: mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yakni bahwa jumlah anak yang mampu berperilaku disiplin sebelum dilaksanakan tindakan kelas berjumlah 17 dari 31 orang (56,7%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah anak yang mampu berperilaku disiplin setelah dilaksanakan tindakan kelas siklus I terdapat 17 sampai 18 anak telah memahami dan mampu berperilaku disiplin. Setelah dilaksanakan tindakan kelas siklus II terdapat 28 sampai 29 anak telah memahami dan mampu berperilaku disiplin. Dengan pencapaian indikator yang baik, sehingga perilaku disiplin anak melalui tehnik modelling sudah meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Feb 2023 07:18
Last Modified: 02 Feb 2023 07:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26988

Actions (login required)

View Item View Item