PENINGKATAN KEMAMPUAN KONSEP BILANGAN MELALUI PERMAINAN BALOK ANGKA PADA KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH II PAROPO KECAMATAN PANAKUKANG KOTA MAKASSAR

ANDARWATI (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN KONSEP BILANGAN MELALUI PERMAINAN BALOK ANGKA PADA KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH II PAROPO KECAMATAN PANAKUKANG KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. Sampul Depan ujian tutup.docx

Download (59kB)
[img] Text
2. ANDAR SKRIPSI Ujian Tutup.docx

Download (139kB)
[img] Text
3.PENILAIAN SEBELUM TINDAKAN.docx

Download (16kB)
[img] Text
5. Lembar Observasi Kemampuan Konsep Bilangan Anak.docx

Download (40kB)
[img] Text
7. DOK PENELITIAN + riwyt hdup.docx

Download (8MB)

Abstract

ANDARWATI. 2018. Peningkatan Kemampuan Konsep Bilangan Melalui Permainan Balok Angka pada Kelompok B di Taman Kanak-kanak Aisyiyah II Paropo Kecamatan Panakukang Kota Makassar. Dibimbing oleh Herman, S.Pd, M.Pd dan Dr. Rusmayadi, S.Pd, M.Pd pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Usia Dini (PAUD) S1 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan konsep bilangan dengan penerapan permainan balok angka pada anak usia dini di Taman Kanak-kanak Aisyiyah II Paropo Kec Panakkukang Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini difokuskan pada pengenalan konsep bilangan dan permainan balok angka. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B Taman Kanak-kanak Aisyiyah II Paropo Kec Panakkukang Kota Makassar yang terdaftar dan aktif pada tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 15 orang, yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I pemahaman konsep bilangan anak didik berkembang cukup baik. Pada siklus II Kemampuan anak dalam memahami konsep bilangan meningkat dengan kategori baik, namun belum memenuhi kriteria ketuntasan klasikal, sehingga dilanjutkan pada siklus III dan mencapai kategori sangat baik. Dari hasil tersebut, maka ditarik kesimpulan bahwa Kemampuan Konsep Bilangan pada anak Kelompok B di Taman Kanak-kanak Aisyiyah II Paropo Kecamatan Panakukang Kota Makassar dapat meningkat melalui permainan balok angka.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Feb 2023 05:19
Last Modified: 01 Feb 2023 05:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26946

Actions (login required)

View Item View Item