Pengaruh Metode Bercerita Dengan Media Bahan Alam Terhadap Kemampuan Menyimak Anak di Kelompok B di RA Al-Amin DDI Cambalagi

Suryani Putri (2023) Pengaruh Metode Bercerita Dengan Media Bahan Alam Terhadap Kemampuan Menyimak Anak di Kelompok B di RA Al-Amin DDI Cambalagi.

[img] Text
Halaman luar 1.docx

Download (37kB)
[img] Text
i halaman judul 2.docx

Download (41kB)
[img] Text
Halaman Awal 4.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (44kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (31kB)
[img] Text
dapus ani.docx

Download (17kB)
[img] Text
Lampiran 6-7.docx

Download (31kB)
[img] Text
Lampiran 6-7.docx

Download (31kB)
[img] Text
Lampiran 8.docx

Download (29kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP PENULIS.docx

Download (33kB)

Abstract

Suryani Putri.2017. Pengaruh Metode Bercerita Dengan Media Bahan Alam Terhadap Kemampuan Menyimak Anak di Kelompok B di RA Al-Amin DDI Cambalagi. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Parwoto, M.Pd dan Dr. Muhammad Akil Musi, S.pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah gambaran kemampuan menyimak anak didik yang diberi perlakuan kelompok anak yang menggunakan metode bercerita dengan media bahan alam pada kelompok B di RA AL-Amin DDI Cambalagi?, bagaimanakah gambaran kemampuan menyimak anak didik yang diberi perlakuan kelompok anak menggunakan metode bercerita tidak menggunakan media pada kelompok B di RA AL-Amin DDI Cambalagi? dan apakah ada pengaruh metode bercerita dengan media bahan alam terhadap kemampuan menyimak anak pada kelompok B di RA AL-Amin DDI Cambalagi?. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran kemampuan menyimak anak didik yang diberi perlakuan kelompok anak yang menggunakan metode bercerita dengan media bahan alam pada kelompok B di RA AL-Amin DDI Cambalagi, untuk mengetahui gambaran kemampuan menyimak anak didik yang diberi perlakuan kelompok anak menggunakan metode bercerita tidak menggunakan media pada kelompok B di RA AL-Amin DDI Cambalagi dan untuk mengetahui pengaruh metode bercerita dengan media bahan alam terhadap kemampuan menyimak anak pada kelompok B di RA AL-Amin DDI Cambalagi. Pendekatan penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian quasi-ekperimental design atau ekperimen semu. Populasi penelitian adalah seluruh anak didik RA Al-Amin DDI Cambalagi, sampel penelitian ini sebanyak 20 anak yang terdiri dari 10 kelompok eksperimen dan 10 kelompok kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Pembelajaran melalui metode bercerita dengan media bahan alam terhadap kemampuan menyimak anak berpengaruh positif terhadap kemampuan menyimak anak. Hal ini dapat dilihat dengan membandingkan rata-rata kedua kelompok perlakuan. Untuk kelompok eksperimen rata-ratanya berada pada kategori berkembang sangat baik sedangkan untuk kelompok kontrol rata-ratanya berada pada kategori belum berkembang sehingga jika dibandingkan rata-rata dua kelompok tersebut kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol. Dengan demikian, ada pengaruh positif metode bercerita dengan media bahan alam terhadap kemampuan menyimak anak pada kelompok B di RA Al-Amin DDI Cambalagi.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Feb 2023 03:16
Last Modified: 01 Feb 2023 03:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26941

Actions (login required)

View Item View Item