PENGARUH METODE BERMAIN PERAN MAKRO TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANULATHFAL lll (ABA lll) CABANG KARUNRUNG KOTA MAKASSAR

Herawati (2023) PENGARUH METODE BERMAIN PERAN MAKRO TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANULATHFAL lll (ABA lll) CABANG KARUNRUNG KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. SAMPULSKRIPSI.pdf

Download (62kB)
[img] Text
3. MOTTO.pdf

Download (50kB)
[img] Text
2. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (51kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (52kB)
[img] Text
5. PRAKATA.pdf

Download (60kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (120kB)
[img] Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (93kB)
[img] Text
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (98kB)
[img] Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (117kB)
[img] Text
1. BAB I.pdf

Download (136kB)
[img] Text
2. BAB II.pdf

Download (256kB)
[img] Text
3. BAB III.pdf

Download (196kB)
[img] Text
1. Lampiran 1 -3.pdf

Download (169kB)
[img] Text
4. Rencana Kegiatan Harian Hari 1.1.pdf

Download (170kB)
[img] Text
5. Lampiran 5 Skenario Pembelajaran.pdf

Download (89kB)
[img] Text
22. Lampiran 22 Dokumen Penelitian.pdf

Download (764kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (63kB)

Abstract

Herawati,2017. Pengaruh metode bermain peran makro terhadap kemampuan berbicara pada anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal llll (ABA 111) Cabang Karunrung Kota Makassar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan berbicara anak. Hal ini dikarenakan metode yang digunakan dalam proses pembelajaran lebih cenderung menggunakan metode bercerita. Adapun pemilihan metode bermain peran makro agar anak dapat termotivasi dan tertarik untuk belajar dan dapat menstimulasi kemampuan berbicara anak melalui peran yang dipilih oleh anak. Oleh karena itu, peneliti ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan berbicara pada anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal lll (ABA lll) yang diberikan perlakuan berupa metode bermain peran makro, Untuk mengetahui gambaran kemampuan berbicara anak yang diberi perlakuan metode bermain peran makro, Untuk mengetahui gambaran kemampuan berbicara anak yang diberi perlakuan metode bercerita pada anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal lll (ABA lll) Cabang Karunrung Kota Makassar. Untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran makro terhadap kemampuan berbicara antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal lll (ABA lll) Cabang Karunrung Kota Makassar.Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment. Variabel dalam penelitian ini yaitu: variabel bebas (bermain peran makro) dan variabel terikat (kemampuan berbicara anak). Teknik pengambilan sampel Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B dengan jumlah 34 anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal lll (ABA lll) Cabang Karunrung Kota Makassar, sedangkan sampel penelitian adalah kelompok B1 berjumlah 11 anak untuk kelompok eksperimen dan kelompok B2 berjumlah 11 anak untuk kelompok kontrol. Tehnik pengumpulan data melalui tehnik tes, observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis statistk deskriptif dan analisis statistiik nonparametrik. Berdasarkan hasil perhitungan uji Wilcoxon, H1 diterima artinya ada pengaruh penggunaan metode bermain peran makro terhadap kemampuan berbicara anak pada kelompok B di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal lll (ABA lll) Cabang Karunrung Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Jan 2023 06:03
Last Modified: 31 Jan 2023 06:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26926

Actions (login required)

View Item View Item