PENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN MELUKIS DENGAN JARI (FINGER PAINTING) DI LEMBAGA PAUD TERPADU AISYIYAH MAMAJANG MAKASSAR

MEGA MUTIARA LESTARI (2023) PENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN MELUKIS DENGAN JARI (FINGER PAINTING) DI LEMBAGA PAUD TERPADU AISYIYAH MAMAJANG MAKASSAR.

[img] Text
1 SAMPUL.docx

Download (26kB)
[img] Text
2 DAFTAR ISI.docx

Download (37kB)
[img] Text
3 BAB I.docx

Download (31kB)
[img] Text
4 BAB II.docx

Download (48kB)
[img] Text
5 BAB III.docx

Download (39kB)
[img] Text
8 daftar Pustaka.docx

Download (20kB)
[img] Text
Foto kegiatan.docx

Download (320kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (52kB)

Abstract

MEGA MUTIARA LESTARI. 2017. Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Melukis Dengan Jari (Finger Painting) Di Lembaga PAUD Terpadu Aisyiyah Mamajang Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Herman, S.Pd., M.Pd dan Arifin Manggau, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan melukis dengan jari (finger painting) di Lembaga PAUD Terpadu Aisyiyah Mamajang Makassar? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan melukis dengan jari (finger painting) di PAUD Terpadu Aisyiyah Mamajang Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan. Fokus penelitian ini adalah kreativitas dan melukis dengan jari. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 15 orang anak. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan melukis dengan jari (finger painting) dapat meningkatkan kreativitas anak pada kelompok B4 di Lembaga PAUD Terpadu Aisyiyah Mamajang Makassar. Hal ini terlihat pada siklus I yang menandakan hasil observasi guru dalam mengajar belum meningkat dikarenakan masih kurang dalam menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan, kurang dalam memberikan contoh melakukan kegiatan melukis dengan jari (finger painting), Sedangkan hasil observasi anak tentang kreativitasnya belum meningkat, dikarenakan anak kurang lancar melakukan kegiatan finger painting, anak tidak banyak menuangkan ide-idenya dalam melakukan kegiatan finger painting, anak kurang mampu melakukan kegiatan finger painting, dan kurang mampu menambahkan bagian-bagian terhadap percobaan yang dilakukan. Pada siklus II ini menandakan hasil observasi guru dalam mengajar sudah meningkat dikarenakan guru menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan, guru memberikan contoh melakukan kegiatan. Hasil observasi anak tentang kreativitasnya yang meliputi kelancaran, keluwesan, keaslian, dan elaborasi yang dilakukan sudah menampakkan peningkatan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Jan 2023 02:21
Last Modified: 31 Jan 2023 02:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26913

Actions (login required)

View Item View Item