PENGARUH KEGIATAN SENAM IRAMA TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK AISYAH JAMBU KECAMATAN BAJO KABUPATEN LUWU

Amalia Ulfa Fadilani (2023) PENGARUH KEGIATAN SENAM IRAMA TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK AISYAH JAMBU KECAMATAN BAJO KABUPATEN LUWU.

[img] Text
smpul.docx

Download (21kB)
[img] Text
smpul dalam.docx

Download (23kB)
[img] Text
1.docx

Download (31kB)
[img] Text
2.docx

Download (85kB)
[img] Text
3.docx

Download (2MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (35kB)

Abstract

Amalia Ulfa Fadilani, 2017. Pengaruh Kegiatan Senam Irama Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok B di Taman Kanak-kanak Aisyiah Jambu Kecamatan Bajo Kabupaten Luwu. Skripsi ini dibimbing oleh Dra. Sri Sofiani, M.Pd sebagai pembimbing 1, dan Arifin Manggau, S.Pd, M.Pd sebagai pembimbing 2. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitan ini adalah “Bagaimanakah gambaran kemampuan motorik kasar anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Aisyah Jambu Kecamatan Bajo Kabupaten Luwu sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa kegiatan senam irama dan apakah ada atau tidak pengaruh kegiatan senam irama terhadap kemampuan motorik kasar anak di Taman Kanak-kanak Aisyah Jambu Kecamatan Bajo Kabupaten Luwu?”. Adapun tujuan penelitian ini yaitu, “Untuk mengetahui gambaran kemampuan motorik kasar anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Aisyah Jambu Kecamatan Bajo Kabupaten Luwu sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa kegiatan senam irama dan ada atau tidak pengaruh kegiatan senam irama terhadap kemampuan motorik kasar anak di Taman Kanak-kanak Aisyah Jambu Kecamatan Bajo Kabupaten Luwu”. Pendekatan yang digunakan dalam penelitoan ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen sederhana (pre-eksperimental designs) Adapun desain penelitiannya yaitu One-Group Pretest-Posttest Design dengan jumlah populasi penelitian 15 anak. Karena jumlah populasi tidak terlalu banyak, maka peneliti tidak mengambil sampel. Dalam penelitian ini semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik pengumpula data yang dilakukan dengan melakukan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan yaitu perencanaan, pemberian pretest, pemberian perlakukan (treatment), pemberian posttest dan analisis hasil. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistic nonparametrik dengan menggunakan analisis uji beda Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kemampuan motorik kasar anak pada posttest dan pretest berbeda. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji beda Wilcoxon menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan motorik kasar anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Aisyah Jambu Kecamatan Bajo Kabupaten Luwu dengan menggunakan kegiatan senam irama.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Jan 2023 01:34
Last Modified: 31 Jan 2023 01:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26908

Actions (login required)

View Item View Item