PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU ANGKA BERGAMBAR DI TK BINA MULIA KECAMATAN PANAKKUKANG KOTA MAKASSAR

MUDERAH (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU ANGKA BERGAMBAR DI TK BINA MULIA KECAMATAN PANAKKUKANG KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1) SAMPUL.docx

Download (21kB)
[img] Text
2) SAMPUL DEPAN.docx

Download (128kB)
[img] Text
3) BAB I.docx

Download (24kB)
[img] Text
4) BAB II.docx

Download (46kB)
[img] Text
5) BAB III.docx

Download (58kB)
[img] Text
8) DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (17kB)
[img] Text
9) KISI-kisi hasil penelitian.docx

Download (15kB)
[img] Text
HASIL OBSERVASI AKTIVITAS GURU.docx

Download (184kB)
[img] Text
dokumentasi.docx

Download (757kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (73kB)

Abstract

Muderah, 2016, Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Penggunaan Media Kartu Angka Bergambar di TK Bina Mulia Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Kartini Marzuki, M.Si dan Dr. Muhammad Akil Musi, S.Pd., M.Pd Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berhitung anak didik TK Bina Mulia Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Adapun rumusan masalahnya yaitu bagaimanakah peningkatan kemampuan kemampuan berhitung melalui penggunaan media kartu angka bergambar di TK Bina Mulia Kecamatan Panakkukang Kota Makassar? Tujuan penelitian yaitu untuk meningkatkan kemampuan kemampuan berhitung melalui penggunaan media kartu angka bergambar di TK Bina Mulia Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan anak didik kelompok B1 yang berjumlah 16 orang terdiri dari 9 laki-laki dan 7 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi, teknik analisis data dengan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar anak didik. Pada aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Pada aktivitas belajar anak didik, pada siklus I menunjukkan bahwa dari 16 anak didik, hanya 10 anak didik sedangkan pada siklus II, aktivitas belajar anak didik mengalami peningkatan karena dari 16 anak didik terdapat 14 anak didik. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui Penggunaan Media Kartu Angka Bergambar dalam Pembelejaran pada TK Bina Mulia Kecamatan Panakkukang Kota Makassar dapat Meningkatkan Kemampuan Berhitung.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 Jan 2023 08:16
Last Modified: 26 Jan 2023 08:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26825

Actions (login required)

View Item View Item