PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PLAYDOUGH TERHADAP PERKEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK DW KARTINI MADELLO KABUPATEN BARRU

HERIANI (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PLAYDOUGH TERHADAP PERKEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK DW KARTINI MADELLO KABUPATEN BARRU.

[img] Text
1. SAMPUL LUAR.docx

Download (37kB)
[img] Text
2. SAMPUL DALAM.docx

Download (40kB)
[img] Text
3. PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx

Download (31kB)
[img] Text
4. PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx

Download (31kB)
[img] Text
6. MOTTO.docx

Download (21kB)
[img] Text
5. PERNYATAAN ASLI SKRIPSI.docx

Download (25kB)
[img] Text
7. ABSTRAK.docx

Download (23kB)
[img] Text
8. PRAKATA.docx

Download (27kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (32kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (48kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (36kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (26kB)
[img] Text
1. LAMPIRAN PEMBATAS.docx

Download (17kB)
[img] Text
3. Lampiran 1 kisi2 instrumen penelitian.docx

Download (21kB)
[img] Text
4. Lampiran 2 Pedoman Observasi.docx

Download (23kB)
[img] Text
5. Lampiran 3 Rubrik Penilaian.docx

Download (27kB)
[img] Text
21. Lampiran 15 dokumentasi.docx

Download (1MB)
[img] Text
23. RIWAYAT HIDUP.docx

Download (47kB)

Abstract

HERIANI. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Playdough Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak DW Kartini Madello Kabupaten Barru. Skripsi ini dibimbing oleh Prof. Dr. H. Syamsul Bakhri Gaffar, M.Si dan Hajerah, S.Pdi., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah utama dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah pengaruh penggunaan media playdough terhadap perkembangan kreativitas anak usia dini di Taman Kanak-kanak DW Kartini Madello Kabupaten Barru? Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media playdough terhadap perkembangan kreativitas anak usia dini di Taman Kanak-kanak DW Kartini Madello Kabupaten Barru. penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Bentuk Pre-Experimental Designs (nondesigns) dengan menggunakan bentuk desain One Group Pre-test and Post-test Design untuk membandingkan kemampuan kreativitas anak sebelum dan sesudah diterapkan pembelajaran melalui penggunaan media playdough. Populasi penelitian ini yaitu jumlah seluruh anak didik di Taman Kanak-kanak DW Kartini Madello Kabupaten Barru sebanyak 4 kelas dengan jumlah 59 anak sedangkan Sampel penelitian ini mengambil 1 kelas dengan jumlah 15 anak yang dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, teknik tes dan dokumentasi. prosedur pengumpulan datanya dengan perencanaan, pemberian pretest, treatment, pemberian postest dan analisis hasil. teknik analisis data yang dilakukan dengan analisis deksriptif dan statistik non parametrik uji beda wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan nilai rata-rata perkembangan kreativitas anak sebelum diberi perlakukan yaitu sebesar 11,9 dan setelah diberikan perlakukan sebesar 19,7. Sedangkan pada uji non parametrik didapat nilai T hitung yang diperoleh yaitu sebesar 120 dan T tabel 25 maka diperoleh hasil T hitung (120) >nilai T tabel sebesar (25) maka Ho ditolak dan H1 diterima artinya ada pengaruh penggunaan media playdough terhadap perkembangan kreativitas anak kelompok A TK DW Kartini Madello Kabupaten Barru, sedangkan nilai Z hitung yang diperoleh yaitu 3,40 dan Z tabel 1,645 maka diperoleh hasil nilai Z (3,40) > nilai Z tabel (1,645) maka Ho ditolak dan H1 diterima artinya ada pengaruh penggunaan media playdough terhadap perkembangan kreativitas anak kelompok A TK DW Kartini Madello Kabupaten Barru.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 Jan 2023 07:57
Last Modified: 26 Jan 2023 07:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26821

Actions (login required)

View Item View Item