Peningkatan Perkembangan Kognitif Dalam Mengenal Angka Melalui Media Puzzle Pada Anak Kelompok B PAUD Terpadu Teratai UNM Kota Makassar

Dwi Anggraeni (2023) Peningkatan Perkembangan Kognitif Dalam Mengenal Angka Melalui Media Puzzle Pada Anak Kelompok B PAUD Terpadu Teratai UNM Kota Makassar.

[img] Text
MOTTO.docx

Download (19kB)
[img] Text
pernyataan keaslian skripsi.docx

Download (16kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (17kB)
[img] Text
prakata.docx

Download (24kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (19kB)
[img] Text
daftar gambar.docx

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.docx

Download (13kB)
[img] Text
daftar lampiran.docx

Download (17kB)
[img] Text
bab 1 .doc

Download (43kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (58kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (65kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (24kB)
[img] Text
INSTRUMEN OBSERVASI ANAK DIDIK.docx

Download (47kB)
[img] Text
Format Penilaian Harian.docx

Download (12kB)
[img] Text
Foto.docx

Download (4MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (31kB)

Abstract

Dwi Anggraeni. 2016, Peningkatan Perkembangan Kognitif Dalam Mengenal Angka Melalui Media Puzzle Pada Anak Kelompok B PAUD Terpadu Teratai UNM Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing Oleh Dr. Arnidah S.Pd, M.Si dan Dr. Muhammad Akil Musi, M.Pd Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Nrgeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu anak belum dapat mengenal angka pada anak kelompok B PAUD Terpadu Teratai UNM Kota Makassar yang dapat diatasi pada standar dengan permainan puzzle. Rumusan masalah yaitu bagaimanakah peningkatan perkembagan kognitif dalam mengenal angka melalui media puzzle pada anak kelompok B PAUD Terpadu Teratai UNM Kota Makassar ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perkembangan kognitif dalam mengenal angka melalui media puzzle pada anak kelompok B PAUD Terpadu Teratai UNM Kota Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah bagaimana peningkatan perkembangan kognitif dalam mengenal angka melalui media puzzle. Subjek penelitian ini adalah guru dan anak kelompok B yang berjumlah 13 anak, 7 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. pengumpulan data observasi, tes dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriftif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktifitas guru pada pertemuan II siklus I hanya mencapai 40% maka masih dalam kategori kurang, pertemuan II siklus II mencapai 80% maka meningkat menjadi kategori baik. Demikian pula aktivitas belajar anak didik pada pertemuan II siklus I hanya mencapai 38% maka masih dalam kategori cukup, pertemuan II siklus II sudah mencapai 84% maka meningkat menjadi kategori baik. Hal tersebut diikuti dengan Peningkatan perkembangan kognitif dalam mengenal angka anak didik dari siklus I sampai II. Berdasarkan hasil penelitian Kemampuan mengenal angka Melalui Media Puzzle Di PAUD Terpadu Teratai UNM Kota Makassar Meningkat..

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:53
Last Modified: 26 Jan 2023 02:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26799

Actions (login required)

View Item View Item