MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA DINIMELALUI METODE BERMAIN PERAN MAKRO DI TAMAN KANAK-KANAK DHARMA WANITA MAROANGI KABUPATEN ENREKANG

DIAN NOVITA (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA DINIMELALUI METODE BERMAIN PERAN MAKRO DI TAMAN KANAK-KANAK DHARMA WANITA MAROANGI KABUPATEN ENREKANG.

[img] Text
SAMPUL - Daftar Isi.docx

Download (38kB)
[img] Text
SKRIPSI UJIAN TUTUP.docx

Download (123kB)
[img] Text
HASIL OBSERVASI GURU siklus 1 pertemuan II.docx

Download (17kB)
[img] Text
HASIL OBSERVASI GURU siklus II pertemuan I.docx

Download (16kB)
[img] Text
HASIL OBSERVASI GURu siklus II pertemuan II.docx

Download (16kB)
[img] Text
L.3 KISI-KISI INSTRUMEN.docx

Download (44kB)
[img] Text
dokumentasi skripsi.docx

Download (852kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (33kB)

Abstract

DIAN NOVITA. 2016. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran Makro Di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Maroangin Kabupaten Enrekang. Dibimbing oleh Dr. Arnidah S.Pd, M.Si dan Dr. Muhammad Akil Musi, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Negeri Makassar. Kemampuan berbahasa anak dalam kegiatan bermain peran makro dengan menggunakan alat peraga di taman kanak-kanak dharma wanita maroangin. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berbahasa anak kelompok B TK Dharma Wanita Maroangin Kabupaten Enrekang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berbahasa anak dalam kegiatan bermain peran makro di taman kanak-kanak dharma wanita maroangin. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan berbahasa anak dalam kegiatan bermain peran makro Di Taman Tanak-kanak Dharma Wanita Maroangin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode bermain peran Makro. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian anak kelompok B berjumlah 17 anak dan 1 orang guru. Kehadiran peneliti yaitu peneliti bertindak sebagai pengamat partisipan atau pengamat penuh selama proses pembelajaran. Fokus penelitian dalam penelitian ini meningkatkan kemampuan bahasa anak dalam kegiatan bermain peran makro. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Maroangin yang terletak di jalan sultan hasanuddin. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi langsung pada saat proses pembelajaran berlangsung dan dokumentasi. Data yang terkumpul dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan reduksi data, mendeskripsikan data dan menarik kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini dengan mengukur peningkatan kemampuan bahasa anak melalui metode bermain peran makro. Kesimpulan Hasil penelitian yaitu kemampuan berbahasa anak melalui metode bermain peran makro menunjukkan peningkatan menggunakan langkah-langkah menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran harian, Mempersiapkan skenario pembelajaran, menyediakan alat dan bahan yang akan digunakan, mengatur ruang dan tempat kegiatan, menyiapkan instrumen atau lembar observasi dengan indikator sudah dapat berkomunikasi dengan jelas, Mengenal banyak huruf, mengucapkan kalimat lima sampai tujuh kata, dan mengucapkan kalimat-kalimat yang bisa di mengerti secara keseluruhan pada kelompok B di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Maroangin. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil siklus I 40,8% meningkat pada siklus II menjadi 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode bermain peran makro dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:25
Last Modified: 26 Jan 2023 02:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26795

Actions (login required)

View Item View Item